4 Tantangan Bisnis Online yang Perlu Diwaspadai

0
90

Tantangan bisnis online merupakan hal wajar yang akan ditemui dan patut diwaspadai oleh para pelaku bisnis. Setiap peluang dan tantangan bisnis, hendaknya menjadi motivasi untuk dapat terus berinovasi. Apalagi jika kamu tengah menggeluti bisnis online, tentu tantangan yang ada juga tak bisa diremehkan. Berikut akan dibahas tantangan apa saja yang harus diwaspadai dalam menjalankan bisnis online.

Tantangan Bisnis Online yang Sering Terjadi

Tantangan dalam berbisnis dapat timbul dari mana saja, tak cuma disebabkan oleh faktor eksternal saja lho. Melainkan juga dapat dipicu oleh adanya faktor internal. Menyadari bahwa tantangan berbisnis itu lumrah tentu sangat diperlukan. Makanya, kamu harus bisa mengenali apa saja peluang dan tantangan bisnis online yang sering dihadapi pemilik bisnis.

Tantangan Target Market

Dunia online memang begitu luas, saking luasnya jika kamu tak memiliki target market yang pas maka bisa saja menjadi tantangan dalam bisnismu. Untuk dapat berbisnis yang laris manis, kamu harus mengetahui kepada siapa kamu akan menjual produkmu. Masalah apa yang sering dihadapi target market, dan solusi seperti apa yang ditawarkan oleh bisnismu. Dengan begitu dapat terjadi transaksi yang mudah. 

Teknologi yang Terus Berkembang

Kalau kamu masih ingat soal TikTok, sebelumnya platform tersebut hanya dianggap sebagai aplikasi joget anak-anak remaja. Namun, siapa sangka bahwa TikTok bisa menjadi salah satu platform pemasaran produk yang sukses saat ini. Maka tak sedikit brand atau bisnis yang semula memandang sebelah mata TikTok, mulai beralih dan memaksimalkan promosi serta penjualan di platform tersebut. 

Maka, tak heran jika ada pemilik bisnis online yang tak melek teknologi serta trennya akan ketinggalan zaman. Meluaskan promosi di berbagai platform tentu akan meningkatkan potensi untung juga. Jadi terus ikuti perkembangan teknologi, karena teknologi juga mampu mengatasi kendala yang dihadapi dalam bisnis online. 

Baca Juga: Peluang dan Tantangan Digitalisasi Ekonomi di Indonesia

Tantangan Penipuan Online

Penipuan juga kerap terjadi sehingga menjadi ancaman bisnis online yang wajib diwaspadai. Jangan dipikir bahwa sebagai pemilik bisnis maka kamu terbebaskan dari resiko penipuan, sayangnya tak seperti itu. Sebab, penipuan yang sering terjadi pada penjual adalah banyaknya konsumen yang mengirimkan bukti transfer palsu. 

Atau bahkan ada petugas bea cukai gadungan yang mencoba untuk menipumu terkait pengiriman barang dari luar negeri. Belum lagi resiko kebobolan data di website ataupun penipuan phising lainnya. Di internet tetap marak kejahatan, sudah sepatutnya kamu untuk selalu waspada atas tantangan bisnis online yang satu ini.

Perang Harga dengan Kompetitor

Tak sedikit yang rela menurunkan harga demi memenangkan persaingan dengan kompetitor. Kamu tak perlu harus sampai merugi karena menurunkan harga. Berikan harga jual pada produk dalam bisnismu sesuai dengan kualitasnya. Terutama di e-commerce, tentu banyak sekali kompetitor yang berusaha untuk menang dengan harga yang jauh lebih murah. 

Perang harga seperti ini bukan jaminan bahwa kamu juga bisa mengalahkan kompetitor, sebab jika ke depannya nanti ada lagi yang menawarkan produk dengan harga lebih murah. Maka, konsumen bisa saja cepat berpaling. Sebaiknya berfokus untuk memperbaiki kualitas produk dan pelayanan pada bisnismu.

Nah, itulah beberapa tantangan bisnis online yang perlu diwaspadai oleh kamu sebagai pelaku bisnis. Kamu juga bisa menghasilkan passive income lain selain dari bisnis onlinemu dengan menjadi pendana atau lender di microfinance marketplace Amartha. Amartha sudah berizin dan diawasi oleh OJK, sehingga aman dan nyaman untuk berinvestasi. Mulai modalin dari Rp100.000 aja, kamu bisa mendapatkan keuntungan imbal hasil hingga 15% flat per tahunnya, lho!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here