4 Manfaat Networking dalam Dunia Kerja yang Perlu Kamu Tahu

0
78
Ilustrasi membangun networking dalam dunia kerja. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi membangun networking dalam dunia kerja. sumber: www.istockphoto.com

Berkarir bukan hanya masalah skill dan kompetisi, namun juga harus membangun hubungan yang baik bersama orang lain. Inilah alasan networking dalam dunia kerja dibutuhkan. Networking sendiri merupakan istilah yang dipergunakan untuk merujuk upaya tersebut. 

Pasti kamu sendiri sudah membangun hubungan yang baik selama bekerja, baik pada rekan kerja, atasan hingga saat mendatangi event tertentu. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan networking? Networking merupakan proses menbangun koneksi serta hubungan bersama orang lain. 

Hubungan ini yang akan memberimu bantuan atau masukan yang berkaitan dengan karir. Lebih spesifik lagi networking merupakan kegiatan bertukar ide dan informasi pada orang dengan minat atau profesi yang sama. 

Manfaat Networking Dalam Dunia Kerja

Tentu saja networking memiliki sejumlah manfaat. Berikut sejumlah manfaat dari networking, antara lain:

1. Bisa Saling Membantu Antara Satu dengan yang Lain

Manfaat yang sering dilupakan dari networking adalah bisa saling membantu antara satu dengan yang lain. Ketika membangun hubungan baik dengan rekan kerja di kantor, kemungkinan kamu akan membantu satu sama kali nantinya. 

Contohnya, kamu memerlukan rekomendasi dari rekan kerja. Bukan hanya itu, networking yang berada di luar kantor juga bisa membantumu untuk menunjang karir kedepannya. 

2. Dapat Bertukar Ide

Manfaat networking yang lainnya adalah dapat bertukar ide. Setiap orang tentu mempunyai idenya masing-masing. Dengan networking, kamu bisa bertukar ide. Hal ini bisa membantumu untuk mendapatkan karir impian kedepannya. 

Banyak hal yang harus diketahui di luar sana, ilmu serta pengetahuan bisa diperoleh dari networking ini, bukan hanya dari internet atau kursus online. Bahkan, dari obrolanmu bersama dengan orang lain dapat muncul ide segar. 

3. Dapat Membuka Peluang yang Baru

Dari banyaknya orang yang kamu kenal, pasti aka nada peluang baru yang bisa diperoleh dalam karir. Contohnya, ada orang yang tertarik dengan keahlian sehingga kamu ditawarkan membuka peluang dengan mereka. 

Contohnya membangun bisnis atau lainnya. Ini juga menjadi manfaat dari networking dalam dunia kerja. Kamu tidak akan tahu, kapan peluang ini akan muncul. 

4. Bisa Lebih Percaya Diri

Rasa percaya diri bisa tumbuh dari networking. Semakin efektif networking yang bisa dibangun, akan semakin kuat juga rasa percaya diri yang dapat muncul dari waktu ke waktu. Sudah pasti hal ini akan membantumu ketika interview, presentasi kerja atau hal lain yang erat kaitannya dengan komunikasi. 

Baca Juga: 5 Resolusi Karir yang Perlu Kamu Siapkan Jelang Tahun Baru

Cara Membangun Networking Dalam Dunia Kerja

Lantas, bagaimana cara untuk membangun networking? Berikut beberapa diantaranya, antara lain:

1. Tentukan Tujuan

Bila berbeda tujuan, sudah pasti akan berbeda juga proses yang nantinya ditempuh ketika membangun koneksi. Sehingga tentukan tujuan dari kegiatan networking yang kamu lakukan. Apakah akan belajar, berkolaborasi atau lainnya.

2. Siapkan Perkenalan yang Menarik

Walaupun terkesan mudah, tetapi perkenalan bisa menentukan seperti apa anggapan orang lain pada dirimu. Oleh sebab itu hindari perkenalan yang panjang serta bertele-tele. Tonjolkan keunikanmu agar mereka bisa tertarik membangun jejaring bersamamu. 

3. Hubungi Koneksimu

Sebelum pergi ke lingkaran yang lebih jauh, pastikan kamu melihat koneksi yang sekarang ini kamu miliki. Networking merupakan kegiatan yang dapat dimulai dari lingkungan sekitar seperti rekan kerja di kantor sebelumnya, atasan, teman dan lainnya. Setelah berhasil membangun networking dalam dunia kerja, dan berhasil menambah penghasilan, jangan lupa untuk melakukan investasi ya, salah satunya di microfinance marketplace Amartha. Di sini, kamu bisa mulai berinvestasi dari 100 ribu aja, sekaligus memperoleh imbal hasil keuntungan hingga 15% flat per tahunnya dari dana yang kamu investasikan.

Yuk, langsung download dan modalin sekarang juga!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here