4 Jenis Asuransi Jiwa Yang Perlu Kamu Ketahui

|

|

|

Asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang cukup familiar dan dikenal oleh masyarakat. Menurut sikapiuangmu.ojk.go.id, asuransi jiwa adalah suatu kontrak perjanjian antara pemegang polis (tertanggung) dengan perusahaan asuransi (penanggung).

Dalam kontrak tersebut, pihak perusahaan asuransi berjanji memberikan pembayaran didasarkan pada meninggal atau hidupnya tertanggung dengan manfaat yang telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana.

Asuransi jiwa ini diperlukan untuk mengantisipasi kerugian finansial yang timbul akibat situasi-situasi tak terduga, seperti penyakit kritis hingga kecelakaan yang menyebabkan kematian.

Dengan memiliki asuransi jiwa, harapannya keluarga dari nasabah atau pihak tertanggung bisa terhindar dari dampak kerugian finansial akibat kejadian tidak terduga.

Baca Juga: Asuransi Jiwa: Pengertian dan Manfaatnya untuk Kita

Tidak banyak yang tahu bahwa asuransi jiwa ini sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Bahkan, setiap jenis dari asuransi jiwa tersebut sebenarnya punya manfaat yang berbeda-beda. Nah, berikut ini adalah 4 jenis asuransi jiwa yang perlu kamu tahu!

1. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

pensiun dengan bahagia
Sumber Foto: Pexels

Terdapat dua hal yang menjadi khas asuransi jiwa seumur hidup, yakni memberikan pertanggungan seumur hidup kepada pemegang polis selama polis masih berlaku.

Selain itu, memberikan pertanggungan asuransi dan mengandung unsur tabungan. Adapun, jenis-jenis pertanggungan asuransi jiwa seumur hidup adalah:

  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup Tradisional (Traditional Whole Life Insurance)

Jenis asuransi ini memberikan pertanggungan seumur hidup dengan tarif premi tetap (level premium rate) yang tidak meningkat sejalan dengan bertambahnya usia tertanggung.

  • Last Survivor Life Insurance

Jenis asuransi ini juga disebut sebagai second-to-die life insurance, yang merupakan jenis asuransi jiwa seumur hidup gabungan dimana manfaat polisnya hanya dibayarkan setelah kedua orang tertanggung polis tersebut meninggal dunia.

Premi asuransi jiwa ini hanya dibayar sampai tertanggung pertama meninggal atau premi dapat dibayar sampai kedua tertanggung meninggal.

Asuransi ini dirancang khusus, terutama untuk memberikan pertanggungan kepada pasangan menikah yang ingin memiliki dana untuk membayar pajak harta warisan (estate taxes) yang dikenakan setelah mereka meninggal dunia.

  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup Gabungan (Joint Whole Life Insurance)

Jenis asuransi ini memiliki fitur dan manfaat yang sama seperti asuransi jiwa seumur hidup untuk individu kecuali bahwa asuransi ini menanggung dua jiwa dalam polis yang sama.

Jenis asuransi ini seringkali disebut first-to-die life insurance karena setelah kematian salah seorang dari tertanggung, manfaat kematian dalam polis akan dibayarkan kepada tertanggung yang masih hidup dan pertanggungan polis berakhir.

2. Asuransi Jiwa Berjangka

Produk asuransi jiwa berjangka diketahui memberikan pertanggungan selama satu jangka waktu tertentu yang disebut dengan jangka waktu polis (policy terms). 

Manfaat polis asuransi ini dapat dibayarkan hanya apabila tertanggung meninggal dunia dalam jangka waktu yang telah ditetapkan atau polis masih berlaku (in force) ketika tertanggung meninggal dunia.

Namun, bila tertanggung masih hidup sampai berakhirnya jangka waktu yang telah ditetapkan, maka polis tersebut akan memberikan hak kepada pemegang polis untuk melanjutkan pertanggungan asuransi jiwa.

Jika pemegang polis tidak melanjutkan pertanggungan tersebut, maka polis akan berakhir dan perusahaan asuransi tidak berkewajiban untuk memberikan pertanggungan selanjutnya.

Berikut ini adalah jenis-jenis dari pertanggungan asuransi jiwa berjangka:

  • Asuransi Jiwa Berjangka Dengan Uang Pertanggungan Tetap (Level Term Life Insurance)

Jenis asuransi jiwa berjangka ini memberikan manfaat kematian dalam jumlah yang sama selama jangka waktu polis tersebut.

  • Asuransi Jiwa Berjangka Dengan Uang Pertanggungan Menurun (Decreasing Term Life Insurance)

Jenis asuransi jiwa berjangka ini memberikan manfaat kematian yang nilainya menurun selama jangka waktu pertanggungan. Manfaat polis ini dimulai dengan suatu nilai pertanggungan yang telah ditetapkan dan kemudian menurun selama jangka waktu pertanggungan sesuai dengan metode yang dijelaskan dalam polis.

  • Asuransi Jiwa Berjangka Dengan Uang Pertanggungan Meningkat (Increasing Term Life Insurance)

Jenis asuransi jiwa berjangka ini memberikan suatu manfaat kematian yang dimulai pada suatu nilai dan meningkat dengan nilai atau persentase tertentu pada interval yang telah ditetapkan selama jangka waktu polis.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Sumber Foto: Pexels

Jenis asuransi ini memberikan suatu jumlah manfaat tertentu apakah tertanggung hidup sampai akhir jangka waktu pertanggungan atau meninggal selama jangka waktu pertanggungan.

Setiap polis asuransi jiwa dwiguna memiliki tanggal jatuh tempo (maturity date), yaitu tanggal pembayaran uang pertanggungan oleh perusahaan asuransi kepada pemegang polis jika tertanggung masih hidup.

Tanggal jatuh tempo akan tercapai pada akhir suatu jangka waktu yang telah ditetapkan, atau ketika tertanggung mencapai usia yang telah ditetapkan.

4. Asuransi Unit Link

Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga
Sumber Foto: Pexels

Asuransi unit link merupakan asuransi yang menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi.

Premi yang dibayarkan akan dialokasikan ke dalam dua mekanisme pengelolaan yang terpisah yaitu pengelolaan premi dasar untuk kepentingan proteksi dan pengelolaan premi investasi. Premi Investasi dikelola oleh Manajer Investasi atau ahli investasi perusahaan.

Dengan membeli produk unit link, seorang tertanggung dapat memperoleh manfaat perlindungan asuransi sekaligus imbal hasil atas investasi. Produk unit link di Indonesia umumnya diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan asuransi jiwa.

Well, itulah 4 jenis asuransi jiwa yang perlu kamu tahu. Apakah kamu sudah memiliki salah satu di antaranya?

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.