4 Investasi Paling Menguntungkan di Tahun 2022

0
420
investasi paling menguntungkan
Photos by Andri Yalanskyi (istockphoto)

Daftar Investasi Paling Menguntungkan Tahun 2022

Perlahan namun pasti, ekonomi di Indonesia mulai pulih. Angka masyarakat yang sudah mengikuti vaksinasi pun semakin bertambah sehingga aktivitas sudah mulai kembali berjalan normal.

Ketika pertumbuhan ekonomi di Indonesia mulai membaik, perkembangan investasi pun akan membaik. Terbukti di tahun 2021, pemerintah berhasil merealisasikan sekitar Rp216,7 triliun pada kuartal ketiga. 

Untuk kamu yang ingin memulai berinvestasi, bisa melihat daftar investasi paling menguntungkan ini. 

1. Investasi Saham

Investasi paling menguntungkan saat ini ialah saham. Meskipun memiliki risiko besar, tetapi saham sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki simpanan di masa tua. Sebab, saham masuk dalam investasi jangka panjang. 

Untuk pemula, kamu bisa mulai berinvestasi saham di aplikasi seperti Ajaib, Stockbit, atau IPOT. Di aplikasi tersebut, kamu bisa melihat pergerakan harga pasar, overview harga dari tiap-tiap saham perusahaan, serta berinteraksi atau berdiskusi dengan para investor lainnya. Sehingga, bukan hanya keuntungan dalam bentuk uang yang diperoleh tetapi juga relasi dan ilmu pengetahuan dalam menilai harga pasar. 

2. Investasi Reksadana

Investasi paling menguntungkan dan aman untuk saat ini ialah reksadana. Sebab, risiko yang diperoleh relatif lebih kecil daripada bermain saham. Saat ini, ada banyak aplikasi yang bisa membantu kamu dalam berinvestasi dalam reksadana. Contohnya Bibit, Ajaib, dan Bareksa. 

Untuk Bibit dan Bareksa, sudah dilengkapi robot AI yang akan membantu melakukan profiling berdasarkan penghasilan, level risiko, dan tujuan dalam berinvestasi. Sedangkan di Bareksa, kamu bisa menyimulasikan statistika pergerakan uang yang dimasukkan, mendapatkan gambaran berapa keuntungan serta kerugian yang akan diperoleh. 

Baca Juga: Middle Income Trap, Kenali Faktor-faktornya!

3. Investasi Paling Menguntungkan Peer to peer Lending

Instrumen investasi lainnya yang bisa memberimu keuntungan ialah peer to peer lending. Investasi ini bergerak dalam bidang pendanaan bersama untuk UMKM di Indonesia. 

Salah satu platform yang menjadi penyedia peer to peer lending dan sudah bersertifikasi OJK dan terdaftar dalam AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) ialah Amartha

Berdiri di tahun 2010 dengan misi agar dapat menjadi penghubung antara pelaku usaha mikro dengan investor secara daring, Amartha telah dipercaya oleh puluhan investor dan mitra UMKM. Dengan adanya Amartha, perempuan pun semakin berdaya dan dapat memiliki usaha sendiri secara mandiri di rumah. 

Investasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bisa berkontribusi dalam pengembangan UMKM di Indonesia dan pemberdayaan ekonomi perempuan. Tidak ada batasan nominal yang harus diinvestasikan. Kamu bisa memulai dari 100.000 rupiah dan memilih mitra mana yang akan dijadikan tempat investasi. 

Dengan berinvestasi di Amartha, kamu akan memperoleh keuntungan hingga 15% per tahun. Laporan cash flow dapat dipantau dengan mudah dari aplikasi. Kamu pun bisa mengetahui track record tiap-tiap mitra. 

4. Investasi Properti

Investasi paling menguntungkan 2022 lainnya ialah dalam bidang properti. Tiap tahun, nilai properti cenderung akan naik. Maka, cocok untuk kamu yang ingin memiliki simpanan di masa tua. Investasi properti tidak hanya sebatas rumah, tetapi juga bisa tanah, ruko, atau bahkan kos-kosan. 

Namun, investasi dalam bidang properti memerlukan modal yang tidak sedikit sebab kamu harus membeli atau membangunnya dari awal. Namun, return yang diperoleh nantinya juga akan besar. 

Tiap investasi yang memiliki return tinggi pasti akan diikuti risiko yang tinggi pula. Begitu pula dengan investasi properti. Risiko tertingginya ialah terjadinya bencana yang dapat merusak properti, adanya kebakaran, atau kerusakan lainnya.

Itulah investasi paling menguntungkan yang bisa membantu kamu dalam memperbaiki keadaan ekonomi keluarga. Pilih yang sesuai kemampuan, yaitu Amartha. Profit besar, mitra terpercaya, dan laporan terpantau dengan jelas. Yuk, mulai gabung di Amartha bersama puluhan investor lainnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here