4 Cara Mudah Atur Budget untuk Hobi

|

|

|

Pandemi virus Covid-19 atau Corona yang berlangsung hingga saat ini membuat banyak orang melakukan lebih banyak waktu di rumah, termasuk untuk bekerja. Anjuran pemerintah untuk lebih banyak berdiam diri di rumah membuat banyak orang saat ini punya banyak waktu untuk menekuni hobinya sembari bekerja.

Namun, di balik asyiknya menekuni hobi, juga harus siap-siap dengan biaya yang harus dikeluarkan. Terkadang, ada orang yang dengan cara apa saja, akan rela untuk mempertaruhkan segalanya supaya penyaluran hobinya terpuaskan.

Jika sudah begini, hobi tidak lagi menjadi aktivitas untuk mengisi waktu luang, tetapi telah menduduki posisi prioritas. Hal ini sudah pasti akan membebani anggaran bulanan. Karena itu, berikut ini adalah beberapa cara mengatur budget untuk hobi:

4 Cara Mudah Atur Budget untuk Hobi

1. Batasi Anggarannya

Perlu diketahui, tidak sedikit orang yang habis-habisan sampai rela menghabiskan banyak uang hanya untuk menyalurkan hobinya. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah jika memiliki pendapatan yang besar.

Namun, akan lebih bijak dan baik bagi kehidupan di masa mendatang, bila kamu bisa membatasi anggaran untuk hobi. Pastikan batasan anggaran tersebut konsisten setiap bulan. Contohnya, menetapkan anggaran untuk hobi 20 persen dari gaji.

Jika tidak ingin mengalami kekacauan keuangan, pastikan kamu mematuhi batasan anggaran tersebut. Tidak kurang, tidak lebih, karena masih ada kebutuhan primer yang lebih penting untuk dipenuhi.

2. Hindari Penggunaan Kartu Kredit Untuk Hobi

Pada dasarnya, kartu kredit akan sangat bermanfaat ketika digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Namun, kartu kredit sebaiknya tidak digunakan untuk menyalurkan hobi. Penggunaannya yang mudah dan praktis bisa jadi tidak terkontrol tanpa disadari, sehingga menguras kantong karena tagihan yang membengkak. Jika sudah begini, hobi yang awalnya untuk kesenangan justru menimbulkan kesengsaraan.

3. Pisahkan dari Anggaran Rutin Bulanan

Syarat kondisi keuangan yang sehat sebenarnya harus memiliki rencana pengeluaran. Terkait hal tersebut, sebaiknya alokasikan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti biaya hidup sehari-hari, proteksi, investasi, dana cadangan kondisi darurat, dan cicilan pinjaman.

Lantas, bagaimana bisa membiayai hobi? Jika pendapatan kamu pas-pasan, memang agak sulit mengalokasikan dana untuk hobi. Namun, kamu tetap dapat memasukkan biaya hobi pada anggaran biaya hidup sehari-hari. Tidak perlu banyak, yang penting hobi bisa tetap tersalurkan.

4. Jangan Sampai Berhutang

Berhutang merupakan salah satu cara untuk memperoleh dana. Perlu disadari, hutang memiliki konsekuensi.

Kamu harus membayar pokok pinjaman plus bunganya. Untuk keperluan mendesak atau kebutuhan berbiaya besar, utang bisa menjadi solusi. Namun, berhutang untuk menyalurkan hobi, sebaiknya jangan sampai dilakukan.

Pasalnya, berhutang untuk kebutuhan hobi yang hanya sebatas kegemaran berpotensi mengancam kesehatan finansial. Kamu hanya akan memperoleh kesenangan dan kepuasan sementara, selebihnya dipusingkan dengan cicilan tiap bulan yang harus dibayarkan.

Itulah 4 cara mengatur budget untuk hobi. Nah, selamat mencoba ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...