Home Finance 4 Cara Manajemen Keuangan Ini Bisa Bikin Kamu Merdeka Finansial. Yuk Terapkan!

4 Cara Manajemen Keuangan Ini Bisa Bikin Kamu Merdeka Finansial. Yuk Terapkan!

|

|

|

Bulan Agustus selalu berkesan menjadi seluruh rakyat Indonesia. Pasalnya, di tanggal 17 Agustus pada bulan Agustus dirayakan sebagai hari kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal itu, rakyat Indonesia merdeka dari penjajahan. Setiap menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, selalu muncul ulasan tentang makna kemerdekaan dari masing-masing individu.

Karena itu, kemerdekaan bisa dimaknai secara personal bagi setiap individu, salah satunya merembet ke sektor finansial. Merdeka finansial pun menjadi sesuatu yang penting saat ini. Masing-masing orang juga  mengartikan merdeka finansial secara berbeda, tergantung kebutuhan. Ada yang memaknai merdeka finansial adalah terbebas dari jeratan utang, kemampuan mengatur keuangan secara tepat, keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

Akan tetapi ada juga yang berpendapat seseorang sudah dikatakan merdeka secara finansial kalau bisa menikmati hasil investasi yang sudah ditanamkan. Jadi tidak perlu kerja keras lagi, karena uang akan mengalir dengan sendirinya.

Nah, untuk mencapai merdeka finansial tentunya butuh komitmen, disiplin, dan konsistensi. Berikut ini adalah 4 cara manajemen keuangan yang bisa bikin kamu merdeka finansial!

1. Mengukur Pengeluaran Bulanan

Buat kamu yang baru mulai berencana merdeka finansial, catatlah setiap pengeluaran setiap bulan, seperti sewa rumah, kosan, makanan, listrik, sampai tips juga sebaiknya dicatat. Kemudian, bandingkan dengan pemasukan bulanan yang bisa kamu dapatkan.

Setelah mengukurnya, hal yang bisa kamu lakukan yaitu mulailah untuk mengatur biaya hidup bulanan menjadi lebih rendah. Misalnya lebih memilih menggunakan transportasi umum daripada mobil pribadi demi mencapai target keuangan tertentu. Semakin besar pemasukan kamu daripada pengeluaran, semakin cepat juga akan meraih tujuan finansial.

2. Hasilkan Pendapatan Setinggi Mungkin

Cara manajemen keuangan yang bisa bikin kamu merdeka finansial ialah menelisik penghasilan dan belanja. Jika penghasilan kamu terlalu sedikit, tentunya tidak ada jalan lain selain menghasilkan pendapatan setinggi mungkin. Karena itu, sebaiknya kamu selalu mencari peluang baru dan menangkap peluang dengan cepat.

Selain meminta kenaikan gaji, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan seperti menjalankan bisnis sampingan yang sesuai dengan hobi, atau bekali dirimu dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi agar bisa mendapatkan gaji yang lebih besar. Contohnya: ikut kelas untuk mendapatkan sertifikasi khusus.

3. Bayar Lunas Semua Hutang   

Kalau kamu mempunyai hutang, memang akan membuat kamu tidak nyaman beraktivitas. Meski hutang itu digunakan untuk kegiatan produktif, seperti modal usaha. Namun yang namanya utang, baik fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multiguna (KMG), maupun pinjaman online dan kartu kredit, ya harus dibayar.

Kamu punya kewajiban mencicil utang hingga lunas. Memang terasa berat, tapi kalau dilakukan secara disiplin dengan menyisihkan uang dari gaji atau pendapatan usaha, pasti kamu akan bebas dari lilitan utang tersebut. Idealnya porsi untuk mencicil utang sekitar 30% dari gaji, sehingga kamu dapat betul-betul menjadi orang yang merdeka secara finansial.

4. Berinvestasi Sejak Dini di Aset yang Nilainya Terus Naik

Saat ini, banyak instrumen investasi yang nilai terus meningkat dan perlu Anda miliki untuk investasi. Misalnya properti, emas, hingga portofolio keuangan seperti reksa dana dan obligasi ritel. Kenali karakteristik investasi tersebut sebelum kamu menanamkan investasi di instrumen investasi tersebut.

Nah, salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan menjadi pendana di Amartha. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya bisa diambil kapan saja.

Tertarik untuk bergabung jadi pendana di Amartha?

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...