4 Bisnis yang Paling Dicari di Hari Valentine

Perayaan Hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day jatuh setiap tanggal 14 Februari. Tapi, tahukah kamu, bahwa perayaan itu tak hanya melulu soal cokelat atau bunga, tetapi juga kartu ucapan, loh.

Awalnya, kartu ucapan Valentine populer pada abad ke-19 di Inggris. Kala itu, kartu ucapan itu dibalut dengan bahan renda brokat (lace) serta tali. Setelah melihat kesuksesan penjualan kartu ucapan itu, membuat Esther A. Howland mendapat ide untuk memproduksi kartu dari sebuah kartu Valentine Inggris yang diterimanya. Di Amerika Serikat kartu Valentine pertama diproduksi secara massal pada 1847 oleh Esther di Worcester, Massachusetts. Dia mempunyai sebuah toko buku dan toko peralatan kantor yang besar dari sang ayah.

Hingga kini, sekitar 190 juta kartu ucapan Hari Kasih Sayang dikirimkan setiap tahunnya di AS. Prospek bisnis pun sangat besar di Indonesia. Menurut survei Shopback kepada lebih dari 1.100 orang dengan rentang usia 18 – 38 tahun di Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar ditemukan bahwa rata-rata orang Indonesia menghabiskan uang sekitar Rp 450 ribu untuk membeli hadiah Valentine. Bahkan rata-rata dari responden menyisihkan sekitar 15% penghasilan mereka untuk merayakan Valentine’s Day bersama orang tersayang.

Nah, ini merupakan kesempatan yang besar untuk menambah pendapatan. Untuk pemula yang ingin menambah pendapatan, bisa memanfaatkan skill atau menjadi reseller dari supplier. Berikut beberapa bisnis yang bisa menambah penghasilan:

Buket Bunga

Bunga adalah salah satu hadiah favorit bagi kaum ‘perempuan. Bunga menjadi hadiah yang sangat simple, berkesan serta tidak sulit untuk didapatkan. Selain itu, ada juga bunga yang bisa disimpan untuk jangka waktu yang lama. Untuk mempercantik tampilan, bungkus bunga dengan kertas kado warna-warni atau plastik bening dan juga pita warna merah atau pink. Jangan lupa tawarkan kartu ucapan, ya.

Buket Bunga

Cokelat dan Kue

Valentine’s Day identik dengan memberikan cokelat untuk orang-orang terkasih. Tak heran bila cokelat dianggap sebagai simbol cinta. Manfaatkan momen ini untuk menjual cokelat yang berbeda dari biasanya. Sementara untuk kue, kamu bisa membuatnya menjadi bentuk “love’. Jenis kue yang bisa disajikan bisa brownies, cupcakes, atau tart. Lalu, bungkus cokelat atau kue ke dalam kemasan yang menarik, misalnya bungkus cokelat menjadi bentuk buket bunga. Atau hias bungkus kue dengan pita berwarna merah muda supaya lebih cantik.

Cokelat

Boneka

Boneka adalah benda yang sangat diminati saat Valentine’s Day tiba. Bisnis boneka memang peluangnya tidak sebesar bunga atau makanan, akan tetapi kamu bisa mendapatkan untung dari bisnis ini. Pasalnya, perempuan suka dengan boneka mulai dari ukuran yang kecil hingga super besar. Jenis boneka yang cukup menguntungkan adalah boneka berbentuk hati atau love, kartun, dan boneka beruang.

Boneka

Jasa Fotografi dan Videografi

Cara lain untuk merayakan hari spesial bisa juga dengan jalan-jalan berkeliling kota atau pergi ke tempat yang cantik. Untuk mengabadikan momen tersebut, kamu bisa menawarkan jasa fotografi. Agar lebih untung lagi kamu juga bisa menawarkan jasa membuat video, loh. Minta klienmu untuk mengumpulkan foto-foto atau video iseng dan lucu dengan kekasihnya, lalu buat video menjadi cerita perjalanan.

Jasa fotografi

Jangan lupa kembangkan penghasilan tambahanmu dengan peluang yang lebih baik lagi di Amartha. Amartha adalah perusahaan P2P (Peer to Peer) Lending yang menghubungkan pendana di kota dengan peminjam di desa. Nah, dengan kamu melakukan pendanaan di Amartha, kamu bisa dapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

Enggak perlu ragu lagi, karena Amartha sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK serta memiliki mitigasi risiko berlapis. Ayo daftar sekarang di www.amartha.com !

 

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: