3 Tren Teknologi Tahun 2020

Saat ini teknologi digital memiliki peran penting dalam bisnis yang dijalankan oleh manusia. Melalui teknologi, cara sebuah perusahaan beralih dari yang semula konvensional menjadi digital. Hal ini tentunya menguntungkan bagi pelaku usaha atau pebisnis.

Nah untuk itu, para pelaku usaha atau pebisnis wajib mengetahui teknologi yang memiliki dampak dan peran besar terhadap kemajuan bisnisnya di masa mendatang, atau paling tidak di tahun 2020.

Melansir dailysocial.id, berikut ini 3 tren teknologi yang akan membantu bisnis kita di tahun 2020:

Artificial Intelligence (AI) dan Big Data

Belakangan AI dan Big Data hampir digunakan di semua bidang bisnis seperti kesehatan, pendidikan, manufaktur, dan lainnya. Bisa dikatakan bahwa AI adalah teknologi yang paling cepat diadopsi oleh berbagai macam bidang karena menggunakan machine learning, pembelajaran yang dalam, dan kemampuan pengenalan alami.  Sementara itu, Big data dapat digunakan sebagai salah satu indikator dalam pengambilan keputusan bisnis.

Cloud Computing

Teknologi telah menjadi komponen penting dalam suatu operasional bisnis, terutama yang menghubungkan langsung dengan banyak konsumen. Salah satu platform yang digunakan adalah Cloud Computing. Cloud computing sendiri memiliki beberapa kelebihan seperti skalabilitas, keandalan, dan portabilitas. Menariknya, dengan menggunakan Cloud Computing, pembiayaan untuk kebutuhan teknologi menjadi lebih efisien karena menawarkan sistem pembayaran sesuai kapasitas penggunaan.

Fintech

Fintech adalah penggabungan antara layanan keuangan dengan teknologi sehingga memberikan kemudahan bagi para pengguna atau nasabah untuk melakukan peminjaman juga investasi. Naik daun sejak tahun 2016 lalu, eksisrensi fintech makin terasa karena terus melakukan transformasi.

Alasan fintech makin digemari karena menawarkan kecepatan dan kemudahan bagi penggunanya. Pasalnya, dengan memadukan teknologi big data, penggunaan algoritma, dan proses online, keputusan kredit bisa diambil dalam rentang waktu yang cepat dibandingkan bank konvensional sehingga pinjaman dapat diproses tanpa perlu melakukan tatap muka.

Menariknya lagi, fintech bisa dijadikan sebagai alternatif investasi dengan modal yang terbilang rendah. Dengan modal yang rendah dan keuntungan yang menggiurkan, fintech semakin banyak digunakan oleh berbagai masyarakat terutama di Indonesia.

Nah itulah tiga tren teknologi di tahun 2020 yang bisa membantu kemajuan dan kesuksesan bisnis kita. Semoga bermanfaat!

Please follow and like us:
FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: