/

3 Tips Hindari Pengeluaran Sia-Sia Saat Belanja Bulanan

3 Tips Hindari Pengeluaran Sia-Sia Saat Belanja Bulanan

Tak dapat dipungkiri kebutuhan kita selama satu bulan begitu beragam. Mulai dari kebutuhan pokok seperti bahan makanan, kebutuhan sehari-hari, sampai kebutuhan yang sifatnya khusus seperti peralatan rumah yang harus segera diganti.

Nah saat pergi berbelanja, biasanya terjadi hal-hal seperti membeli barang tiba-tiba diluar rencana, misalnya membeli barang-barang promo padahal tidak ada dalam daftar belanja.

Bayangkan jika dalam sebulan kita pergi belanja dua kali, berapa biaya yang dikeluarkan selain biaya belanja itu sendiri? bisa jadi melakukan pengeluaran sia-sia, padahal pengeluaran tersebut bisa kita hindari.

Tentukan Waktu Khusus Untuk Berbelanja

Semakin sering pergi ke supermarket atau pusat perbelanjaan, semakin sering juga kita melihat barang-barang promo yang ditawarkan.

Maka, sebaiknya setiap bulan kita punya jadwal khusus untuk berbelanja, tentunya untuk memenuhi kebutuhan kita selama satu bulan ke depan. Dengan adanya waktu khusus untuk berbelanja, kita akan lebih teratur mengeluarkan uang untuk berbelanja.

Selain lebih menghemat waktu, bensin, dan biaya parkir, kita juga bisa membatasi diri dari godaan lapar mata saat berada di supermarket atau pusat perbelanjaan, terutama bagi kaum perempuan.

Buat Anggaran Belanja

Hal ini penting dilakukan sebelum kita pergi belanja bulanan catat semua kebutuhan yang akan kita beli, urutkanlah dari kebutuhan yang paling penting dan mendesak. Setelah itu, hitung berapa anggaran yang dibutuhkan, dan jangan lupa sesuaikan dengan kemampuan kita.

Cara ini dapat mencegah kita dari belanja barang yang tidak perlu. Serta untuk lebih mengefektifkan waktu saat berbelanja, karena kita akan lebih fokus untuk mencari barang yang dibutuhkan.

Makan Sebelum Pergi Belanja

Cara ini terlihat sepele namun sangat bermanfaat untuk menghindari pengeluaran sia-sia saat berbelanja. Di supermarket atau pusat perbelanjaan, sering kali kita melihat berbagai jenis jajanan yang ditawarkan.

Ketika kita pergi belanja dalam keadaan lapar biasanya akan mudah tergoda untuk mencicipi jajanan -jajan tersebut. Nah untuk menghindari jajan yang tidak perlu, sebaiknya makan terlebih dahulu sebelum pergi berbelanja.

Nah, Anda juga bisa menggunakan pengeluaran itu untuk memberikan pendanaan di Amartha. Dengan memulai pendanaan sebesar Rp 3 Juta, Anda sudah bisa membantu pengusaha mikro di pedesaan. Dana Anda sangat berguna bagi pengusaha mikro binaan Amartha yang merupakan ibu-ibu di pedesaan. Pinjaman yang Anda berikan dapat membantu usaha para ibu. Bahkan, Anda mendapatkan keuntungan sekitar 15 persen. Mari bergabung dengan Amartha di amartha.com

Artikel ini merupakan hasil kerja sama dengan Halofina

 

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/3-tips-hindari-pengeluaran-sia-sia-saat-belanja-bulanan">
LINKEDIN
%d bloggers like this: