3 Rekomendasi Investasi Murah untuk Gaji Kecil

0
64
rekomendasi investasi murah
Sumber Foto: Pexels

Mulai Investasi Murah yang Bisa Menyelamatkan Gajimu

Kabar UMP mengalami kenaikan yang kurang memuaskan memang tengah tren saat ini. Namun tenang saja, kamu masih bisa menyelamatkan gajimu dengan mulai investasi murah. Percaya atau tidak saat ini banyak investasi yang bisa dimulai dengan dana yang minim.

Bahkan, kini dengan uang Rp 10 ribu saja kamu sudah bisa mulai ikut berinvestasi. Pasti tidak pernah terbayang bisa ikut berinvestasi hanya dengan modal sekecil itu. Meskipun murah meriah, jika kamu konsisten dan dilakukan dalam jangka yang panjang, hasilnya akan maksimal.

3 Investasi Murah untuk Pemula

Berkat investasi yang menawarkan dana awal yang minim, kini siapa saja dapat ikut berinvestasi. Berikut beberapa rekomendasi investasi dengan modal yang murah cocok untuk pemula.

1. Reksadana

Beda Investasi Saham dan Reksadana Saham
Sumber Foto: Shutterstock

Dulu Reksadana mengharuskan kamu untuk menyisihkan setidaknya Rp 100 ribu untuk bisa mulai ikut berinvestasi. Namun kini, kamu hanya perlu menyisihkan Rp 10 ribu saja untuk bisa ikut berinvestasi. 

Reksadana merupakan salah satu instrument investasi yang dananya dikelola oleh Manajer Investasi atau MI yang telah memiliki izi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga sudah pasti terjamin keamanannya.

Reksadana bukan produk perbankan, sehingga tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) seperti deposito. Reksadana juga tidak dijamin oleh negara karena bukan produk investasi dari pemerintah.

Baca Juga: 
Investasi Online: Reksadana vs P2P Lending

Reksadana merupakan jenis investasi pasar modal, di mana masyarakat bisa memilih jenisnya sesuai tingkat risiko yang mungkin didapatkan. Ada empat jenis reksadana yaitu:

  • Reksadana pasar uang ( dengan risiko rendah)
  • Reksadana pendapatan tetap (dengan risiko rendah)
  • Reksadana campuran (dengan risiko sedang)
  • Reksadana pasar saham (dengan risiko tinggi)

Investas Reksadana, kini tersedia di beberapa situs belanja online. Sehingga membuat investasi ini lebih mudah untuk dilakukan. Makanya, tidak heran jika banyak yang terpikat dengan jenis investasi ini. 

Untuk bisa mulai berinvestasi di Reksadana, kamu bisa melakukan pendaftaran. Pendaftarannya pun cukup mudah. Jangan lupa untuk memastikan jika produk dan perusahaan sekuritas tersebut sebagai Agen Penjual Efek Reksadana (APERD) yang sudah terdaftar di OJK agar jelas keamanannya. 

2. Emas

Sumber Foto: NicePNG

Mungkin kamu berpikir untuk bisa mulai investasi emas kamu harus membeli satu gram emas. Padahal kini sistemnya sudah ada yang lebih mudah, yaitu dengan sistem menabung. Caranya melalui aplikasi khusus, bahkan di marketplace tertentu kini sudah menyediakan fitur tersebut.

Jika kamu berinvestasi emas secara online di marketplace, kamu bisa membeli dan menjual emas secara online. Meskipun transaksinya berlangsung secara online, namun fisik emasnya tetap ada. Kamu juga dapat menariknya kapan saja.

3. Saham

Pilihan investasi murah yang terakhir yaitu saham. Pemula jarang sekali ada yang ingin belajar untuk berinvestasi saham karena modalnya yang cukup besar. Kabar yang beredar, investasi saham ini membutuhkan dana yang besar untuk memulai. 

Padahal, kenyataannya kini dengan nominal yang kecil saja kamu sudah bisa membeli saham sebuah perusahaan. Saat ini sudah banyak saham IPO yang harganya di bawah Rp 1000. Namun tetap saja, kamu harus berhati-hati dan jangan asal beli. 

Carilah saham yang memiliki kinerja baik agar uang yang kamu tanam bisa berkembang dengan baik, meskipun nominalnya kecil. Kamu bisa melakukan analisa fundamental untuk pemula.

Selain memilih jenis investasi murah, pastikan kamu juga mendapatkan investasi murah dan aman. Seperti P2P lending, Amartha, keuntungan bisa mencapai 15% flat per tahun. Sudah terdaftar di OJK, lho! Jadi sudah pasti aman. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here