3 Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Ingin Pensiun Dengan Bahagia

|

|

|

Setiap orang tentunya ingin bahagia di masa pensiun. Namun, apakah sebenarnya yang diperlukan untuk mencapainya?

Melansir CNBC, menurut Wes Moss, seorang financial planner yang juga menjadi kepala strategi investasi pada Capital Investment Advisors yang berbasis di Atlanta, Amerika Serikat ini semua bukan hanya tentang menghemat uang.

“Meski itu merupakan kuncinya, punya banyak uang sebenarnya hanya membeli kebahagiaan pada titik tertentu saja”, ujarnya.

Berikut ini adalah strategi keuangan yang bisa kamu terapkan saat ini hingga masa pensiun untuk mencapai kebahagiaan menurut para ahli!

1. Mulai Menabung dari Sekarang    

Peneliti Elizabeth Dunn yang juga menjabat sebagai kepala pejabat sains untuk perusahaan teknologi keuangan Happy Money, menyebutkan bahwa menyimpan uang pada dasarnya dapat membuatmu merasa lebih bahagia.

Menurut Dunn, pecahkan tujuan besarmu dalam menabung, seperti untuk pensiun, menjadi potongan-potongan kecil yang terasa bisa dilakukan. Langkah kecil ini adalah cara mudah untuk membentuk kebiasaan yang melekat.

“Meluangkan waktu untuk membuat rekening tabungan dapat berdampak langsung pada kebahagiaanmu secara keseluruhan,” tambahnya.

Ketika hal ini sudah menjadi kebiasaan, tingkatkan jumlah uang yang kamu simpan untuk rencana pensiun kamu. Dengan begitu kamu bisa memiliki uang yang pada akhirnya akan dibutuhkan pada kemudian hari.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Begini Cara Siapkan Dana Pensiun di Usia yang Tidak Muda!

2. Fokus Membayar Hipotek yang Kamu Miliki

Menurut Moss dalam penelitiannya, orang yang melunasi hipotek mereka dalam waktu lima tahun sebelum memasuki masa pensiun akan 4x berakhir lebih bahagia daripada mereka yang tidak melakukannya.

“Sisi psikologis dari tidak memiliki hipotek, mungkin bahkan lebih kuat daripada sekadar punya uang. Hal ini akan berdampak lebih baik dari argumen keuangan untuk tidak melunasinya,” terangnya.

Melakukan pembayaran ekstra atau mengirimkan lebih dari jumlah bulanan hipotek yang harus dibayar dapat membantu mengurangi jangka waktu pinjaman hipotek kamu nantinya.

3. Miliki Banyak Sumber Pendapatan

Menurut Moss, punya tiga sumber pendapatan lebih baik dari satu, secara psikologis, apalagi jika semuanya memiliki nominal setara.

Hal semacam ini jelas memberikan kenyamanan bagi seseorang yang mungkin khawatir hanya mengandalkan satu sumber pendapatan, meski nominalnya besar.

“Ada kekuatan nyata dalam diversifikasi aliran pendapatan yang berbeda ini,” katanya.

Selain pendapatan dari investasi, yang mungkin berasal dari dana pensiunmu. Ada kemungkinan juga kamu untuk memiliki aliran pendapatan tambahan, seperti memiliki properti sewaan.

“Ini merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan pendapatan tambahan di masa pensiun”, kata Moss.

Terakhir, kamu bisa mendapatkan aliran pendapatan lainnya dari pekerjaan paruh waktu atau hobi yang kamu sukai, seperti fotografi atau membuat perhiasan.

Well, itulah beberapa strategi keuangan yang bisa kamu terapkan saat ini hingga masa pensiun untuk mencapai kebahagiaan menurut para ahli. Semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.