3 Faktor Penting Sebelum Melakukan Investasi UMKM

0
55
Sumber Foto: Pexels

Apa itu Investasi UMKM?

Investasi UMKM saat ini tengah populer karena menawarkan keuntungan yang menjanjikan. Seperti yang kita ketahui saat ini bisnis UMKM sudah sangat banyak. Banyak mantan karyawan yang akhirnya memilih menjadi seorang pengusaha UMKM. 

Investasi UMKM adalah salah satu sarana untuk berinvestasi yang bekerja sama dengan pelaku usaha UMKM. 

3 Faktor yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Investasi UMKM

Jika kamu tertarik untuk ikut berinvestasi di UMKM, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan. 

1. Tingkat Keuntungan

Sudah bukan rahasia lagi jika seseorang yang melakukan investasi, tentu mencari keuntungan dari dana yang mereka investasikan. Namun ketika kamu menyalurkan dana pada bisnis UMKM, kamu harus memperhitungkan berapa banyak tingkat keuntungan yang akan kamu dapatkan dari bisnis UMKM tersebut.

Jika kamu memilih berinvestasi pada jenis produk UMKM yang harga jualnya murah dan keuntungannya kecil, maka tidak mungkin kamu memaksa untuk mendapatkan keuntungan yang besar. 

Maka dari itu, penting untuk menentukan bisnis mana yang akan dipilih. Setidaknya keuntungan tersebut masih bisa membuat bisnis tetap bertahan sekalipun keuntungan yang didapat minim. 

Baca Juga:
Pilihan Investasi Crowdfunding UMKM Mulai 100 Ribu

2. Pasar dan Pertumbuhan

Jika diperhatikan, bisnis UMKM tidaklah besar seperti perusahaan besar. Karena pasar UMKM berada pada kelas menengah ke bawah. Untuk itu, hasil penjualan yang didapat tidak dapat dipastikan akan memiliki nominal yang besar. 

Hal ini disebabkan oleh tingkat minat dan daya beli kelas menengah ke bawah tidak terlalu tinggi karena gaya hidup mereka tidak terlalu royal. Berbeda dengan kehidupan kelas atas yang selalu ingin memenuhi kebutuhan sekundernya. 

Selain melihat bagaimana pasarnya, investor juga sebaiknya melihat bagaimana pertumbuhan dari pasar tersebut. Tidak akan menjadi sebuah masalah ketika pasarnya berada pada kelas menengah ke bawah, jika pertumbuhan pasar tersebut baik. 

Pertumbuhan pasar yang dimaksud yaitu jumlah pasar yang semakin meningkat. Ini berarti keuntungan investasi UMKM juga akan meningkat. Namun sebaliknya, jika pertumbuhan pasar tidak ada peningkatan, investor harus waspada. Karena mungkin akan mengalami penurunan keuntungan, bahkan hingga kerugian.

3. Strategi Marketing

Bukan sebuah hal yang tidak mungkin jika dijalani dengan manajemen dan strategi marketing yang bagus, investasi di UMKM akan memberikan keuntungan yang besar. Bahkan strategi marketing bisa dikatakan sebagai ujung tombak untuk menuntun bagaimana bisnis UMKM bisa berjalan.

Misalnya saja di Amartha, kamu akan dihubungkan dengan para pelaku usaha mikro. Keuntungan yang akan kamu dapatkan pun lebih pasti, yaitu hingga 15% per tahun. Belum lagi ada cashflow mingguan. Pembayaran angsuran pun dapat kamu ambil kapanpun.

Dengan strategi marketing tersebut, sudah pasti kamu akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari hasil investasi di UMKM. Karena, strategi marketing merupakan faktor penting dalam menentukan apakah kamu akan mendapat untung atau tidak. 

Selain itu, kamu juga perlu asuransi keamanan untuk menjaga agar tidak ada yang dirugikan di antara kedua belah pihak. Investasi yang kamu lakukan juga akan lebih aman jika disertai oleh P2P Lending yang telah di awasi oleh OJK, kamu bisa mendapatkannya di aplikasi investasi UMKM Amartha.

investasi amartha
Alternatif Investasi P2P Lending Amartha

Sebetulnya, masih banyak faktor lainnya yang harus dipertimbangkan dalam menjalankan investasi UMKM seperti melihat bagaimana karakter dari pelaku usaha UMKM tersebut. Apakah mudah untuk diajak berkerja sama atau tidak. 

Agar tidak salah memilih pelaku usaha UMKM, Amartha akan membantu kamu terhubung dengan pengusaha mikro yang yang sudah diseleksi dengan sistem kredit skor yang baik.

Amartha juga memberikan pendampingan dan pelatihan keuangan dan pelatihan usaha selama masa pinjaman berlangsung. Hal ini dilakukan agar dana kamu tepat guna dan mitra usaha juga dapat mandiri dan sejahtera.

Kamu gak perlu khawatir karena Amartha menawarkan bagi hasil yang bersaing dengan instrumen investasi lainnya, yaitu hingga 15% flat per tahun. Yuk daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here