3 Cara Bijak Menggunakan Fitur Add Yours Instagram

0
33
Sumber Foto: Pexels

Hati-hati! Fitur Add Yours Bisa Jadi Ancaman Bahaya

Baru-baru ini, fitur Add Yours Instagram sedang menjadi tren dan banyak digunakan oleh warga Instagram. Berbagai challenge muncul dalam fitur tersebut, mulai dari yang masuk akal hingga challenge yang konyol. 

Berbagai pertanyaan banyak dilontarkan dalam fitur tersebut. Mulai dari nama panggilan masa kecil, lagu favorit, nama pasangan, foto bertiga, hingga ada yang menanyakan alamat dan tanggal lahir.

Waspada Penipuan Karena Fitur Add Yours

Fitur Add Yours Instagram adalah sebuah fitur terbaru dari Instagram yang di dalamnya akan menampilkan pertanyaan atau topik tertentu. Topik atau pertanyaan ini kemudian bisa dibalas oleh pengguna lain dengan menggunakan foto atau video yang berkaitan dengan topik tersebut.

Saat fitur Add Yours sedang rame-ramenya, tiba-tiba penghuni Instagram tengah dihebohkan dengan satu buah postingan yang menceritakan seorang wanita pengguna Instagram kena tipu melalui telpon. Orang itu mengaku jika dia adalah teman dari wanita tersebut.

Wanita itu langsung percaya begitu saja, karena dia memanggilnya dengan panggilan masa kecilnya. Dimana panggilan tersebut hanya diketahui oleh orang-orang terdekat saja. Nah, dari kejadian ini kita bisa belajar untuk menggunakan fitur Add Yours dengan bijak. 

Perlu kamu ingat, jika tidak semua trend kamu ikuti dan tidak semua hal harus kamu bagikan di media sosial karena itu berbahaya. Karena itu, berikut kami berikan beberapa cara aman untuk menggunakan fitur Add Yours.

Baca Juga: 
Instagram Reels dan Cara Agar Muncul di Explore Instagram

3 Cara Aman Menggunakan Fitur Add Yours

Jika kamu masih ingin menggunakan fitur ini, kamu harus memperhatikan 3 cara ini agar tetap aman ketika menggunakan fitur Instagram yang satu ini.

1. Selektif Memilih Challenge

Dalam fitur Add Yours IG, kamu akan menemukan berbagai macam challenge. Kamu harus selektif ketika akan memilih challenge mana yang akan kamu ikuti. Pastikan kamu mengikuti challenge yang tidak ada kaitannya dengan informasi pribadi.

Ada beberapa challenge yang bisa kamu ikuti, seperti membagikan foto terbaik, membagikan foto OOTD, atau challenge lainnya yang tidak mengandung informasi pribadi.

2. Hindari Menyebar Data Pribadi

Dalam fitur Add Yours Instagram ini ada beberapa challenge yang mengajak penggunanya untuk membagikan data pribadi. Misalnya, ada yang meminta foto KTP, foto tanda tangan, nama ibu kandung, alamat lengkap, tanggal lahir, dan informasi pribadi lainnya.

Hindarilah challenge seperti itu, karena itu bisa membahayakan kamu. Bisa saja data-data tersebut digunakan oleh orang jahat untuk melakukan pinjaman uang secara online. Karena, di masa seperti ini mudah sekali untuk mendapat dana pinjaman semacam itu.

Tidak terbayang jika tiba-tiba kamu ditelpon oleh orang tidak dikenal dan diminta pertanggung jawaban untuk membayar uang yang sama sekali tidak pernah kamu pakai. Jadi, mulai sekarang hindari menyebar informasi pribadi secara sembarangan.

3. Gunakan Akun Instagram Private

Cara lain untuk mengamankan informasi kamu dari orang tidak dikenal yaitu dengan menggunakan fitur privat akun yang disediakan oleh Instagram. Dengan fitur ini, kamu bisa menyeleksi siapa saja yang bisa melihat profil dan Instagram Story kamu.

Dengan demikian, kalaupun kamu mengikuti fitur yang sedang tren ini, tidak sembarang orang yang bisa melihat informasi yang kamu bagikan. Namun tetap saja, meskipun akun kamu di private, pastikan untuk tidak menyebar informasi yang bersifat pribadi.

Fitur Add Yours Instagram boleh saja digunakan, namun harus berhati-hati dan selektif saat menggunakannya. Dari pada mengikuti tren yang dapat membahayakan data dirimu, ada baiknya kamu melakukan kebaikan dengan mendanai perempuan tangguh pengusaha mikro di pedesaan melalui P2P Lending Amartha.

Pasalnya, kamu bisa mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun, lho. Selain itu data diri kamu dijamin aman karena Amartha sudah berizin OJK. Yuk daftar Amartha sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here