3 Cara Agar Tidak Boros Terhadap Uang, Dijamin Berhasil!

0
1084
Ilustrasi tips agar tidak boros. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi tips agar tidak boros. sumber: www.pexels.com

Terkadang sulit untuk menghindari impulsive buying di zaman serba teknologi dan modern. Kemudahan yang diberikan dalam transaksi tentunya membuat sebagian orang menjadi konsumtif. Ditambah dengan iklan yang mudah ditemukan pada banyak media sosial. Iklan-iklan tersebut terasa sangat personal dan mengerti keinginanmu meski dalam hal sepele.

Promo diskon dan voucher yang ditawarkan juga sering kali membuat kalap hingga berbelanja menjadi sangat impulsif. Jika kamu berpikir bagaimana cara agar tidak boros terhadap uang, baca sampai selesai ya.

Cara Mengurangi Kebiasaan Boros 

Saat ingin menerapkan hidup hemat, menahan diri dari berbelanja saja tidak cukup. Bahkan justru menahan diri akan terasa sangat berat. Manusia butuh strategi untuk menghentikan kebiasaan buruk apapun dengan tidak hanya mengandalkan selfcontrol. Strategi ini yang akan membuat selfcontrol terasa ringan. Terapkan cara agar tidak boros terhadap uang berikut.

1. Memiliki Perencanaan Keuangan

Jika seseorang mudah mengeluarkan uang kemungkinan mereka tidak memiliki budgeting yang bisa menahan mereka untuk hanya membeli yang diperlukan. Budgeting termasuk dalam perencanaan keuangan. Setiap uang masuk atau pendapatan wajib diketahui kemana akan dialokasikan. Tidak hanya itu perencanaan keuangan juga harus memiliki tujuan atau target finansial yang ingin dicapai.

Jika dengan hidup hemat kamu ingin mempunyai tabungan. Gunakan hal tersebut sebagai tujuan dari perencanaan keuangan. Tabungan itu sendiri adalah hal penting yang tidak bisa tidak dimiliki masyarakat saat ini. Mengingat tahun 2023 kedepan  sudah diprediksi ekonomi akan mengalami resesi. Ada baiknya mulai sekarang belajar cara hidup hemat agar bisa menabung.

Perencanaan keuangan akan memberimu informasi yang dibutuhkan untuk menahan diri. Contohnya saat menghitung laporan keuangan pribadi kamu menemukan 70% dari pendapatan kamu digunakan untuk online shopping. Sementara kamu memiliki pinjaman yang belum lunas dan tidak dibayarkan. Perencanaan keuangan akan memberikan data yang valid perihal kondisi keuangan serta kebiasaan yang menyangkut dengan penggunaan uang.

2. Mengamati Pola Kebiasaan Hedon 

Dari data laporan keuangan, analisa bagaimana pola kebiasaan borosmu. Apa yang membuat kamu sering belanja online? Apa saja yang kamu beli? Apakah bermanfaat atau tidak? Kapan saja kebiasaan belanja online secara impulsif kamu lakukan? Serta apa yang menjadi trigger untuk membuat kamu boros?

Dengan menganalisa pola kebiasaan boros kamu, kamu akan mengetahui penyebab-penyebab sehingga bisa menghindarinya. Mungkin kamu juga menemukan fakta bahwa kamu telah berusaha untuk menabung, namun pada akhirnya kerap menggunakan uang tabungan untuk kebutuhan sesaat lainnya.

3. Membuat Rutinitas Baru

Setelah memiliki tujuan finansial dan mengetahui penyebab kebiasaan borosmu. Kamu bisa membuat strategi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Cara agar tidak boros terhadap uang ini tidak sekedar menahan diri. Tetapi juga membangun sistem dan strategi. Contohnya membuat strategi menyimpan uang agar tidak boros.

Kenali pola kebiasaanmu dalam menyimpan uang. Tips cara menabung dengan cepat dan efektif adalah memisahkan uang tabungan sejak gajian. Selanjutnya, cara menyimpan uang agar tidak boros bisa dengan menitipkan ke bank yang berbeda dari bank yang menyimpan anggaran sehari-hari. 

Dalam membuat rutinitas baru yang diselaraskan dengan perencanaan keuangan, kamu perlu menghindari apa yang menjadi trigger atau penyebab kamu hedon. Sementara mengganti kebiasaan yang konsumtif dengan kebiasaan baru yang lebih hemat. Contohnya cara agar tidak boros terhadap uang adalah dengan mengganti kebiasaan beli makan siang di aplikasi online dengan berjalan kaki langsung ke tempat makan. Ongkos kirim makanan jika ditotal selama satu bulan akan memberikan nominal yang besar. Inilah yang disebut sebagai sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Pengeluaran-pengeluaran kecil yang disepelekan sering menjadi pengeluaran dalam jumlah besar di akhir bulan.

Terapkan ketiga cara agar tidak boros terhadap uang di atas secara perlahan namun pasti. Kamu mungkin perlu mempelajari lebih lanjut tentang mengatur keuangan pribadi. Jika kamu sudah merasakan manfaatnya hidup hemat, kamu tentu akan memprioritaskan pemasukan yang lebih banyak dari pengeluaran. Di sinilah microfinance marketplace Amartha bisa membantu kamu mencari sumber penghasilan tambahan untuk mencapai target finansialmu.

Yuk, daftarkan dirimu sebagai lender di Amartha, untuk memperbaiki keuangan dan menambah dana daruratmu. Modalin mulai dari Rp 100.000 aja, kamu bisa mendaptkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here