2019 Bebas Utang, Ini Caranya

BebasUtang2019

Utang merupakan hal yang menakutkan bagi semua orang. Jika anda tak dapat mengelola keuangan dengan baik, maka akan berakibat fatal terhadap keuangan. Hal ini membuat anda tidak mampu membayar utang.

Nah, sebelum anda memulai pinjaman uang alangkah baiknya melunasi beban utang yang belum terbayar. Jangan sampai utang itu mengunung dan anda tak mampu melunasi utang tersebut.

Bijaklah dalam mengatur keuangan. Apalagi, jika anda belum melunasi utang. Karena itu, pengelolaan keuangan sangat penting. Di tahun 2019, sudah saatnya anda bebas dari utang. Berikut caranya bebas utang di tahun 2019,

Tingkatkan Pendapatan

Anda harus meningkatkan pendapatan agar bisa membayar utang. Carilah pekerjaan tambahan, agar dapat melunasi hutang. Anda bisa mencari pekerjaan freelance. Namun, risikonya waktu libur anda akan terganggu. Selain itu, anda bisa memulai berusaha atau bergabung dengan transportasi online.

Batasi Pengeluaran

Sadar hutang anda yang semakin menggunung. Sudah saatnya anda membatasi pengeluaran. Misalnya, anda bisa membatasi waktu hangout bersama teman-teman atau mulai tidak jajan snack atau kopi di kafe. Ini karena, salah satu pengeluaran terbesar bagi milenial adalah jalan-jalan, kuliner atau produk kosmetik (untuk perempuan). Nah, anda harus mengelola keuangan dengan baik agar bisa membatasi pengeluaran.

Jangan Tunda Pembayaran

Nah, jangan biasakan menunda pembayaran. Ini akan berakibat utang anda akan semakin menggunung. Bayarlah ciclan tepat waktu. Jika tidak, anda akan terkena denda atau bunga yang besar.

Bijak dalam Berutang

Utang boleh saja tetapi anda harus bijak. Jangan banyak utang yang nantinya justru membebani hidup anda. Jangan sampai utang anda yang belum lunas sudah ditambah dengan utang lainnya. Apalagi, jika utang itu tidak berguna untuk anda. Bijaklah dalam berutang.

Mulai Bertahap Lunasi Utang

Mulailah bertahap melunasi utang anda satu per satu. Fokuslah untuk melunasi utang agar anda bisa terbebas jerat utang. Buat daftar utang yang terkecil terlebih dahulu.

 

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/2019-bebas-utang-ini-caranya">
LINKEDIN
%d bloggers like this: