Home Finance 2019 Bebas Utang, Ini Caranya

2019 Bebas Utang, Ini Caranya

|

|

|

Utang merupakan hal yang menakutkan bagi semua orang. Jika anda tak dapat mengelola keuangan dengan baik, maka akan berakibat fatal terhadap keuangan. Hal ini membuat anda tidak mampu membayar utang.

Nah, sebelum anda memulai pinjaman uang alangkah baiknya melunasi beban utang yang belum terbayar. Jangan sampai utang itu mengunung dan anda tak mampu melunasi utang tersebut.

Bijaklah dalam mengatur keuangan. Apalagi, jika anda belum melunasi utang. Karena itu, pengelolaan keuangan sangat penting. Di tahun 2019, sudah saatnya anda bebas dari utang. Berikut caranya bebas utang di tahun 2019,

Tingkatkan Pendapatan

Anda harus meningkatkan pendapatan agar bisa membayar utang. Carilah pekerjaan tambahan, agar dapat melunasi hutang. Anda bisa mencari pekerjaan freelance. Namun, risikonya waktu libur anda akan terganggu. Selain itu, anda bisa memulai berusaha atau bergabung dengan transportasi online.

Batasi Pengeluaran

Sadar hutang anda yang semakin menggunung. Sudah saatnya anda membatasi pengeluaran. Misalnya, anda bisa membatasi waktu hangout bersama teman-teman atau mulai tidak jajan snack atau kopi di kafe. Ini karena, salah satu pengeluaran terbesar bagi milenial adalah jalan-jalan, kuliner atau produk kosmetik (untuk perempuan). Nah, anda harus mengelola keuangan dengan baik agar bisa membatasi pengeluaran.

Jangan Tunda Pembayaran

Nah, jangan biasakan menunda pembayaran. Ini akan berakibat utang anda akan semakin menggunung. Bayarlah ciclan tepat waktu. Jika tidak, anda akan terkena denda atau bunga yang besar.

Bijak dalam Berutang

Utang boleh saja tetapi anda harus bijak. Jangan banyak utang yang nantinya justru membebani hidup anda. Jangan sampai utang anda yang belum lunas sudah ditambah dengan utang lainnya. Apalagi, jika utang itu tidak berguna untuk anda. Bijaklah dalam berutang.

Mulai Bertahap Lunasi Utang

Mulailah bertahap melunasi utang anda satu per satu. Fokuslah untuk melunasi utang agar anda bisa terbebas jerat utang. Buat daftar utang yang terkecil terlebih dahulu.

 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...