Perjalanan Amartha 11 Tahun Berdayakan Perempuan Di Pedesaan

|

|

|

Hari ini tepat 11 tahun Amartha melayani Indonesia. Menjadi penghubung tangan-tangan lihai para perempuan pengusaha mikro di desa, penggerak ekonomi dan menjadi tulang punggung keluarga sekaligus negara.

Sekitar pertengahan 2010 lalu, tidak jauh dari itu rumah kita yang hangat, terdapat beberapa anak tidak bisa menghabiskan hari-hari mereka di sekolah. Sementara pada saat yang sama, keluarga mereka berjuang untuk melawan penyakit yang menghabiskan banyak uang.

Mereka adalah penduduk desa di Ciseeng, Jawa Barat, orang-orang yang tidak memiliki kesempatan dalam perekonomian dan terasing dari jasa keuangan yang dapat menjembatani mereka ke gerbang kesejahteraan. 

Berada dalam situasi dengan pendidikan dan perawatan kesehatan yang terbelakang, membuat kehidupan mereka memburuk. Kepedulian ini menggerakkan Andi Taufan Garuda Putra untuk mendirikan Lembaga Keuangan Mikro, yaitu Amartha yang bertujuan untuk menyediakan layanan keuangan di depan pintu rumah mereka. 

Di tahun pertama berdiri, Amartha berhasil melayani 1.180 mitra di 6 desa dibantu 9 orang tim dengan total penyaluran pinjaman 70.653 USD dengan NPL 99.9 persen.

Dengan segala keterbatasan didorong semangat dan tekad untuk bekerja dengan tekad serta visi kesejahteraan merata bagi Indonesia, ini menjadikan Amartha sebagai pionir P2P Lending yang membuka akses pendanaan ke sektor riil untuk mendukung usaha perempuan tangguh di pedesaan dan menjadi perusahaan pendanaan berdampak sosial. 

Amartha percaya, bahwa perempuan pengusaha mikro mampu menggerakkan roda ekonomi dan memimpin perubahan melalui pemberdayaan dan terbukanya akses-akses, dalam hal ini akses permodalan.

11 tahun berkarya, Amartha kini hadir di 18.900 desa yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi, serta telah memberdayakan lebih dari 650.000 perempuan pengusaha mikro dengan total penyaluran dana mencapai 3.5 Triliun.

Dengan semangat 3.000 anak muda yang brilian dan terus bertambah, Amartha percaya misi untuk mewujudkan kesejahteraan merata bagi kita, Indonesia, dapat didaki.

“10 tahun kebelakang kita melihat bagaimana Amartha melalui akses permodalan memberikan manfaat yang signifikan terhadap peningkatan penghasilan keluarga mitra. 10 tahun kedepan Amartha akan terus meningkatkan penghasilan keluarga dengan (1) membantu menurunkan biaya hidup harian, (2) merencanakan masa depan, (3) memberikan proteksi untuk keluarga dan usaha, serta (4) membuatkan wadah untuk berbagi kembali dengan donasi dan investasi antar komunitas.

Andi Taufan Garuda Putra, Founder dan CEO Amartha

Selamat bertambah usia Amartha! Go Above & Beyond untuk Kesejahteraan Merata di Indonesia!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...