Kumpulan Cara Mendapatkan 100 Juta Pertama dalam Hidup

|

|

|

Dalam hidup, setiap orang hendaknya memiliki tujuan yang ingin dicapai supaya bisa berusaha keras untuk meraih. Salah satu tujuan yang mungkin bisa ditetapkan misalnya adalah tujuan keuangan. Pasalnya, dengan membuat tujuan keuangan yang terukur dari waktu ke waktu akan meningkatkan kesempatanmu meraih kebebasan finansial.

Nah, jika kamu terbilang baru bekerja atau belum lama memulai pekerjaan pertamamu, tidak ada salahnya untuk mulai menetapkan tujuan keuangan. Salah satu tujuan keuangan yang bisa kamu rencanakan misalnya adalah bagaimana mendapatkan uang 100 juta pertamamu dalam hidup.

9 Langkah Sukses Merencanakan Keuangan Pribadi

Pada dasarnya, mendapatkan uang 100 juta pertama dalam hidup terbilang susah susah gampang. Namun, jika kamu mengikuti cara-cara ini, ada kemungkinan kamu bisa mendapatkan uang 100 juta pertama itu dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Berikut cara-caranya!

1. Tentukan Target

Untuk mendapatkan 100 juta pertama dalam hidupmu tentunya tidak bisa hanya dengan sekadar berkhayal. Jangan hanya menyimpan uang 100 juta pertama di angan-anganmu. Kamu harus menentukan target yang jelas untuk dapat meraihnya.

Misalnya, kamu akan meraih 100 juta pertama dalam kurun waktu 3 tahun ke depan. Dengan pengaturan target yang jelas, maka kamu akan dengan sekuat tenaga berusaha meraih impianmu sebelum tanggal jatuh tempo.

Membuat target sangatlah penting dalam mewujudkan setiap impian, karena jika tidak maka bukan hal yang mustahil kamu akan terlena dan lupa bahwa sebenarnya kamu masih memiliki impian yang belum terwujud.

2. Fokus Pada Primary Goal dan Habit Goals

Selanjutnya, kamu harus fokus pada goal utama dan juga goal kebiasaan. Goal utama itu berbicara tentang uang Rp 100 juta yang kamu targetkan, sementara habit goals adalah tujuan-tujuan berupa kebiasaan yang wajib dilakukan untuk bisa mencapai primary goal nantinya.

Kamu tentunya tidak akan bisa mencapai target Rp 100 juta pertama dalam kurun waktu yang ditentukan jika tidak benar-benar menjalankan kebiasan-kebiasaan tersebut.

Nah, yang berhubungan dengan habit goal, misalnya saja untuk bisa mengumpulkan Rp 100 juta pertama dalam waktu 2 tahun, salah satu yang mempengaruhi adalah kontrol diri, khususnya dalam pengeluaran.

3. Sisihkan Bukan Sisakan Pendapatan Bulanan Untuk Ditabung

Jika selama ini kamu menabung uang dari uang sisa gaji bulan lalu, maka sebaiknya pola tersebut harus diubah.

Tidak ada yang salah dengan menabung uang sisa gaji, tapi jika seperti itu terus, maka kamu akan sulit untuk meraih 100 juta pertama, karena yang namanya uang sisa pasti jumlahnya tidak menentu.

Biasakan untuk menyisihkan uang tabungan di awal, jadi ketika kamu menerima gaji kamu sudah menyisihkan uang untuk ditabung misalnya saja 300 ribu. Dengan begitu uang yang kamu tabungan memiliki jumlah yang tetap tiap bulannya. Kamu bisa menganggap tabungan sebagai iuran tiap bulan yang harus dibayar, sehingga kamu tidak akan lupa untuk menyisihkan uang tabungan.

4. Pikirkan Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Pada dasarnya, berhemat memang bisa membantu kamu lebih mampu menabung. Namun, mau berhemat semaksimal mungkin tetap percuma jika penghasilan tidak bertambah. Maka, kamu akan tetap kesulitan mendapatkan Rp 100 juta pertama dengan cepat.

Ide-Ide Mencari Sumber Penghasilan Tambahan yang Tidak Melelahkan

Justru malah, jika kita terlalu ketat dan terus menekan pengeluaran, maka bisa terjadi ketidakseimbangan dalam hidup. Maka, jalan keluarnya adalah dengan mencari penghasilan tambahan.

Jika kamu seorang karyawan, mungkin perlu memikirkan apa hal yang bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan per-bulannya. Mungkin bisa mencari pekerjaan sampingan /tambahan sebagai freelance seusai pulang dari kantor atau membuka bisnis sampingan.

5. Berinvestasi

Investasi adalah salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan kekayaan. Apalagi, saat ini tersedia banyak sekali instrumen investasi yang tersedia dan dapat kamu pilih sesuai keinginan. Nah, salah satu alternatif investasi yang popular di masa sekarang adalah Peer to Peer Lending (P2P Lending).

Pasalnya, P2P Lending umumnya menyalurkan dana kepada pelaku usaha yang membutuhkan modal. Dengan demikian, dana diputar untuk keperluan usaha. Well, Salah satu platform P2P Lending yang aman dan tepercaya di Indonesia adalah Amartha.

investasi amartha

Amartha adalah perusahaan investasi P2P Lending yang menghubungkan dan memberdayakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Amartha menawarkan keuntungan secara materi dan sosial.

Secara materi, investor akan mendapatkan bagi hasil sampai 15% flat per tahun. Sementara secara sosial, investor telah mendorong perempuan di pedesaan untuk mandiri dan sejahtera secara ekonomi melalui modal yang diberikan.

Adapun, perihal penanganan risiko investasi, setiap perempuan pengusaha mikro yang bergabung akan mendapatkan pendampingan dan pelatihan usaha secara rutin. Hal tersebut bertujuan agar dana digunakan secara tepat guna sehingga risiko gagal bayar atau terlilit hutang dapat diminimalisir.

Selain itu, Amartha mengadaptasi sistem Grameen Bank milik Muhammad Yunus yang mana setiap mitra usaha yang bergabung harus membentuk kelompok yang terdiri dari 10-20 orang. Pembentukan kelompok ditujukan untuk memudahkan monitoring usaha dan edukasi serta pengembalian pinjaman.

Sebelas tahun berdiri, Amartha telah menyalurkan 3.64 Triliun kepada 674.504 perempuan pengusaha mikro di 18.900 desa di Indonesia dengan TKB 90 berada di angka 94.09%.

Tertarik investasi di Amartha?

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...