10 Tips Sukses Menjawab Pertanyaan Interview dari HRD

0
6450
Sumber Foto: istockphoto

Cara Menjawab Pertanyaan Interview HRD yang Baik dan Benar

Salah satu kunci sukses mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan adalah menjawab pertanyaan interview secara baik dan benar. Namun sayangnya, tidak semua kandidat atau pelamar kerja tahu trik untuk mengatasi kesulitan menjawab pertanyaan dari HRD.

Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa tips sukses menjawab pertanyaan-pertanyaan HRD saat kamu melamar kerja.

1.   Menceritakan Diri Sendiri dengan Antusias

Salah satu pertanyaan interview dari HRD adalah menceritakan tentang dirimu. Ketika ditanya pertanyaan tersebut, ceritakanlah diri kamu dengan antusias dan juga percaya diri.

2.   Jawab Pertanyaan secara Singkat dan Jelas

Hindari jawaban-jawaban yang terlalu panjang dan berbelit-belit. Jawablah pewawancara dengan jawaban yang sederhana atau tidak terlalu panjang.

3.   Hindari Ulasan Negatif Perusahaan Tempat Bekerja Dulu

Jika kamu ditanya tentang kenapa keluar dari perusahaan yang dulu, pilihlah jawaban yang diplomatis. Hindari jawaban-jawaban yang bersifat negatif, seperti membongkar aib perusahaan tempat kamu bekerja dulu.

4.   Siapkan Peralatan Interview (untuk Interview Online)

Khusus untuk interview online, siapkanlah berbagai peralatan untuk menjawab pertanyaan interview kerja. Peralatan tersebut meliputi laptop, jaringan internet, dan aplikasi interview online seperti Zoom.

Sebelum melakukan interview online, pastikan semua perangkat yang kamu gunakan berjalan dengan baik. Cek terlebih dahulu perangkat yang akan digunakan, mulai dari jaringan internet, aplikasi meeting, dan lainnya.

5.   Mata Selalu Menatap HRD

Pastikan kamu menjawab setiap pertanyaan HRD sambil menatap langsung ke wajah atau ke mata HRD. Hal ini penting untuk diperhatikan baik itu saat wawancara online maupun offline.

Kontak mata sangat penting sekali. Pastikan pandangan kamu tidak menatap ke area lain, khususnya saat menjawab pertanyaan dari HRD.

Baca Juga: 8 Tips Cara Jawab Kelemahan Diri Saat Interview

6.   Berpenampilan Sopan dan Resmi

Saat interview kerja, baik online maupun offline, perhatikan juga penampilan kamu. pastikan penampilan kamu sopan dan resmi. Pakai pakaian formal yang kamu miliki dan pastikan kamu berpakaian dengan rapi.

Pilih warna-warna pakaian yang cocok untuk interview kerja. Beberapa di antaranya seperti putih, hitam, abu-abu, atau bisa juga cokelat.

7.   Persiapkan Jawaban Jauh-Jauh Hari

Pertanyaan interview kerja di PT pada dasarnya sama-sama saja. Contohnya seperti meminta menceritakan tentang diri pribadi, kenapa melamar di perusahaan ini, pertanyaan tentang apa kelemahan kamu, dan lainnya.

Selain itu, ada juga beberapa pertanyaan jebakan. Cari tahu informasi seputar pertanyaan wawancara kerja, kemudian persiapkan jawabannya jauh-jauh hari.

8.   Berbicara dengan Ekspresif

Jawablah pertanyaan HRD dengan energik. Orang yang berbicara sedikit lebih cepat dan lebih keras, serta memiliki jeda lebih pendek biasanya akan dinilai energik oleh pewawancara.

Jangan menjawab pertanyaan dengan monoton jika kamu ingin dinilai pintar oleh pewawancara. Namun, lambatkan dan tegaskan suara kamu ketika menjawab pertanyaan yang menjelaskan informasi yang kemungkinan belum dipahami pewawancara.

9.   Bersikap Ramah dan Tegas

Attitude merupakan salah satu hal penting untuk kamu perhatikan saat interview. Bersikaplah ramah namun tetap tegas di hadapan HRD atau pewawancara.

HRD umumnya sangat suka dengan pelamar yang memiliki attitude baik atau ramah. Selain itu, pastikan juga kamu selalu melemparkan senyuman kepada HRD.

10.  Jangan Menyombong kepada HRD

Saat ditanya tentang apa kelemahan dan kelebihan, kamu boleh menonjolkan kemampuan yang kamu miliki. Namun, hindari jawaban-jawaban yang menyombongkan diri sendiri.

Demikian penjelasan seputar tips mengoptimalkan jawaban dari pertanyaan interview HRD. Untuk kamu yang belum mendapatkan pekerjaan, semoga artikel ini dapat membantumu ya. Jangan lupa sisihkan pendapatanmu setelah mendapatkan pekerjaan untuk dana darurat. Alokasikan ke situs investasi Amartha yang menawarkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun!  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here