10 Tips Sukses Menjadi Womenpreneur di Usia Muda

0
58
Ilustrasi womenpreneur. Sumber: www.istockphoto.com

Womenpreneur atau yang biasa disebut sebagai pebisnis wanita merupakan suatu profesi yang susah-susah gampang untuk dijalani. Walaupun demikian, kini banyak sekali wanita muda yang memulai langkahnya untuk menjadi seorang pebisnis.

Nah, apakah kamu juga tertarik untuk menjadi seorang pebisnis wanita di usia muda? Jika iya, maka lakukan sejumlah persiapan secara matang. Caranya? Yakni dengan mengenal dan mempraktekkan tips sukses menjadi pebisnis wanita dalam artikel ini!

10 Tips Sukses Menjadi Womenpreneur di Usia Muda

Demi menjadi pebisnis wanita di usia muda, kamu perlu menjalankan sejumlah tips yang berguna untuk kesuksesanmu. Apa sajakah itu? Intip jawabannya dalam poin-poin beserta penjelasan berikut:

1. Memproduksi Jasa atau Barang yang Kamu Kenali

Tips menjadi womenpreneur pertama yaitu menggali informasi seputar jasa atau barang apakah yang tengah digemari masyarakat. Hal terpenting adalah, kamu bisa mengenali akan memproduksi apa bisnismu nanti.

Mengapa perlu mengenalinya? Karena itu akan berguna saat kamu melakukan presentasi di hadapan calon investor. Saat mereka banyak pertanyaan padamu mengenai jasa atau barang tersebut, kamu bisa menjelaskannya secara gamblang.

2. Menyusun Proposal Secara Rapi nan Meyakinkan

Dalam menjadi seorang womenpreneur, kamu pun butuh penyusunan proposal demi meyakinkan investor supaya bersedia menanam modal pada bisnismu. Proposal sendiri bisa berisi rencana yang hendak bisnismu lakukan.

3. Womenpreneur Wajib Melatih Skill Presentasi

Sebagai pebisnis wanita, kamu pun wajib berlatih presentasi. Ini akan berguna untuk menunjangmu berbicara di hadapan publik, khususnya saat akan berhadapan dengan mereka yang berpotensi membantu perkembangan bisnismu.

4. Tidak Ragu Memulai

Untuk menjadi womenpreneur yang sukses, kamu sebaiknya konsisten menyampaikan ide dan pastinya selalu yakin atau tidak ragu untuk memulai. Dengan tekad dan rencana matang, kamu tentu bisa merealisasikan target-target bisnismu.

5. Tidak Mudah Menyerah

Memang, tantangan menjadi businesswoman di waktu muda sangatlah banyak. Namun ini bukan berarti kamu akan gagal di langkah awal. Jadi, teruslah mencoba, meskipun dari 0 – jika kamu mengalami kesalahan atau kekeliruan dalam berbisnis.

Baca Juga: Punya Bakat Womenpreneur, Sri Wahyuni Sulap Jamur Jadi Bernilai Tinggi

6. Sebagai Womenpreneur Harus Punya Keunikan

Semua wanita dapat menjadi entrepreneur. Namun, sayangnya, tidak semuanya bisa sukses. Kamu membutuhkan ide maupun mencoba hal unik dari kompetitor lain. Sehingga, itu bisa jadi nilai plus jasa atau produk yang bisnismu tawarkan.

7. Percaya Diri Sebagai Seorang Pemimpin

Womenpreneur di usia muda yang sukses tentunya harus memiliki kepercayaan diri tinggi. Ini penting supaya anggota tim bisnis bisa menunjukkan potensi masing-masing secara optimal dan supaya kamu bisa dipercaya oleh mereka.

8. Gencar Melakukan Promosi

Untuk sukses menjadi pebisnis wanita, kamu tidak wajib menggunakan billboard mahal, berlembar-lembar pamflet, dan lain sebagainya. Cukup gunakan media sosial atau internet secara gencar untuk memasarkan jasa atau produk. 

9. Memperluas Jaringan Sesama Womenpreneur

Kamu jangan ragu dalam melebarkan sayap jaringanmu. Sebab, hal itu bisa membantumu dalam pembangunan bisnis. Maka demikian, berkumpulah bersama womenpreneur Indonesia lainnya. Dengan begitu, kamu dapat bertukar pikiran. 

Selain itu, dengan berkumpul bersama rekan satu profesi lainnya, kamu akan menemukan calon investor untuk bisnismu. Nah, maka demikian, kamu sebaiknya rajin mengikuti pameran maupun event yang berkaitan dengan bisnis. 

10. Mempersiapkan Modal

Tentu saja, kamu membutuhkan modal untuk sukses menjadi pebisnis wanita. Kini, tidak perlu khawatir meskipun bank mempersulit pebisnis wanita dalam mendapatkan modal, kamu tetap bisa mengusahakannya lewat jalan lain seperti P2P lending.Nah, begitulah pembahasan mengenai 10 tips sukses menjadi womenpreneur di waktu muda.

Semangat kamu menjadi womenpreneur, sama dengan ratusan ibu mitra dan perempuan tangguh di Amartha. Jadi, yuk bantu mereka untuk mengembangkan bisnisnya dengan melakukan investasi atau pendanaan menjadi lender mulai dari 100 ribu aja.

Di microfinance marketplace Amartha, kamu bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Kamu juga tak perlu khawatir, karena Amartha sudah terdaftar di OJK dan tentunya memiliki dampak positif dengan modalin UMKM di Indonesia agar lebih berkembang.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here