Home Amartha Amartha 10 Tahun 10 Tahun Perjalanan Amartha Menuju Indonesia yang Sejahtera

10 Tahun Perjalanan Amartha Menuju Indonesia yang Sejahtera

|

|

|

Satu dekade sudah Amartha berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan ekonomi merata di Indonesia. Berawal pada  tahun 2010, Andi Taufan Garuda Putra mendirikan Amartha, sebuah koperasi yang memberikan permodalan kepada ibu-ibu pengusaha mikro di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat. Gagasan ini bermula dari memberikan akses keuangan kepada masyarakat desa yang selalu terlibat hutang dengan rentenir. Hal ini terjadi karena mereka tidak memiliki syarat yang cukup untuk mengakses pinjaman dari perbankan. 

Menjadi pionir Fintech Peer To Peer Lending di Indonesia tentu bukanlah hal yang mudah. Amartha pun telah melewati banyak sepak terjang di perjalanannya menuju kesejahteraan ekonomi untuk masyarakat Indonesia. Sekitar tahun 2015, beberapa perusahaan fintech peer to peer lending memang mulai bermunculan di Indonesia. Perubahan ini ternyata membawa Amartha menjadi salah satu fintech lending yang diperhitungkan di Indonesia. Sayangnya pada tahun ini pula, Amartha mengalami kendala.

Saat itu, Amartha masih menjadi perusahaan microfinance biasa, memiliki banyak peminjam tetapi tidak memiliki banyak pendana. Berbagai upaya telah dilakukan untuk tetap bisa melayani para mitra di desa, seperti meminjam ke perbankan dan institusi keuangan lainnya. Namun, hasilnya tidak maksimal sehingga banyak mitra Amartha yang terpaksa pergi.

Dengan kenyataan pahit ini, akhirnya Taufan mengambil keputusan besar; ia mengubah model bisnisnya dari microfinance menjadi Peer-To- Peer Lending. Ternyata, model bisnis ini berhasil menyalurkan dana kepada mitra Amartha. Sampai dengan tahun 2020 ini, Amartha telah berhasil menyalurkan kurang lebih 2 Triliun Rupiah dana untuk 500.000 usaha ultra mikro dan menjangkau hampir 12.000 desa di Indonesia. Mencakup pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi. 

Di sisi lain, berinvestasi dalam usaha mikro terbukti menciptakan dampak sosial. “100 persen peminjam merupakan pelaku usaha mikro perempuan di desa. Sebagai bisnis yang dilandasi nilai-nilai sosial, kami ingin membantu mencapai sustainable development goals melalui pilar pengentasan kemiskinan, partisipasi perempuan dalam pembangunan dan mengurangi ketimpangan pendapatan di pedesaan,” ujar Taufan. Dan pada bulan Maret 2020, Amartha berhasil meraih peringkat tertinggi yaitu Platinum, sebagai perusahaan berdampak sosial dari GIIRS (Global Impact Investing Rating System).

Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat menantang. Seluruh dunia sedang menghadapi musuh yang sama yakni pandemi virus corona (Covid-19). Tentunya, hal ini membuat institusi pendanaan seperti Amartha mengalami banyak perubahan drastis dan juga tantangan yang berat. Namun hal tersebut tidak membuat Amartha berhenti menciptakan dampak sosial.

Tetapi justru membuat Amartha semakin galak dalam membantu mereka yang berada dibawah garis kemiskinan dan masyarakat yang terdampak oleh pandemi ini melalui program #DesaLawanCorona, sebuah aksi kemanusiaan untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat prasejahtera yang terdampak pandemi Virus Corona dan juga Puskesmas di pelosok pedesaan di beberapa wilayah yang tersebar di Indonesia. Di dekade baru ini pula, Amartha hadir dengan semangat yang lebih besar lagi demi terus berjuang menuju Indonesia yang sejahtera.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...