10 Skill yang Harus Dikuasai Product Manager

0
225
skill product manager
Ilustrasi seseorang yang bekerja sebagai product manager. Photos by Clerkenwell (istockphoto)

Kuasai Skill Ini untuk Jadi Product Manager

Bila kamu ingin menjadi seorang product manager atau PM, ada skill yang wajib dikuasai. Contohnya adalah kemampuan untuk problem solving dan berkomunikasi yang baik dengan bawahan, atasan, serta klein. 

Nah, product manager adalah orang yang memiliki tanggung jawab atas proses pengembangan suatu produk hingga produk tersebut resmi diluncurkan ke pasar.

Tugas product manager ialah mengidentifikasi produk dari awal pengembangan baik dari sisi teknis atau non teknis, serta mengetahui dengan pasti user experience pengguna seperti apa. PM pun harus bisa mengelola tim dengan baik agar produk bisa selesai tepat waktu. 

Agar berhasil menjadi PM yang baik, miliki 10 kemampuan ini: 

1. Product Manager harus memiliki skill komunikasi yang baik

Tugas paling utama seorang PM adalah mengkomunikasikan kebutuhan pengguna kepada tim kemudian mendelegasikan ke masing-masing orang apa saja perannya dalam pengembangan produk tersebut. Oleh karena itu, product manager harus pandai dalam berbincang dengan tim dan klien. 

2. Kemampuan untuk menganalisis dan menuangkan dalam spesifikasi teknis

Dalam pengembangan produk, pasti akan ada fase untuk terus mengoptimalkan sistem dan mengembangkan menjadi produk yang lebih baik dan powerfull

Agar hasil produk yang dibuat sesuai yang diinginkan, kamu harus memiliki kemampuan dalam menganalisis kebutuhan pengguna berdasarkan user experience serta dapat menuangkannya dalam dokumen spesifikasi teknis. 

3. Melakukan riset pasar

Memiliki pengalaman melakukan riset pasar juga sangat penting bagi manajer produk yang baik. Ketika membuat konsep produk baru, riset pasar sangat penting untuk mengetahui apakah ada pasar atau audiens untuk produk tersebut, serta mencari tahu bagaimana produk tersebut dapat melayani pasar tersebut dengan baik.

4. Memiliki pengetahuan yang baik tentang user experience 

Meskipun UX dan UI yang biasanya berperan dalam penentuan user experience yang tepat dalam sebuah produk. Akan tetapi, PM juga perlu memiliki kemampuan dasarnya agar dapat mereview dengan baik produk yang akan diluncurkan. 

5. Berpikir kritis dan keterampilan analitis

Manajer produk harus mampu menganalisis informasi dan data yang diperoleh dan membagikannya ke tim sesuai wewenang masing-masing. 

Pengambilan keputusan dan pemikiran strategis adalah tanggung jawab sehari-hari bagi manajer produk. Tanpa kemampuan untuk berpikir kritis dan mempertimbangkan pilihan, membuat keputusan ketika ada masalah pun akan sulit dilakukan. 

Baca Juga: Gen Z Wajib Tahu! Ini 5 Jurusan yang Memiliki Prospek Gaji Tinggi

6. Kepemimpinan dan kemampuan untuk mengambil inisiatif

PM juga bisa dikatakan leader dalam sebuah tim pengembangan produk. Maka, PM harus memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus serta dapat berpikir kreatif dan inovatif. 

Seorang PM juga dapat memberi kenyamanan kepada anggota timnya ketika ada yang mengalami kesulitan atau down

7. Product Manager memiliki fleksibilitas

Prioritas dapat berubah setiap hari di dunia manajemen produk. Suatu hari produk tertentu adalah prioritas, dan berikutnya adalah sesuatu yang berbeda. Manajer produk harus memiliki keterampilan untuk memprioritaskan suatu task dan bisa mengikuti perubahan dengan cepat. 

8. Dapat menyelesaikan masalah

Pada intinya, produk dimaksudkan untuk memecahkan masalah, untuk bisnis dan/atau untuk jenis pelanggan tertentu. Maka, manajer produk perlu memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat tanpa harus merugikan banyak pihak. 

9. Manajemen waktu

Manajer produk pun harus bisa membagi timeline tiap anggota tim, agar produk dapat dikerjakan dengan baik dan selesai sesuai jadwal yang sudah ditentukan. 

10. Mudah dalam diplomasi

Salah satu tugas manajer produk ialah berkomunikasi dengan atasan atau klien. Maka, saat berbincang dengan mereka untuk membahas terkait pengembangan produk, kamu harus memiliki sifat yang mudah dalam diplomasi. Sehingga, orang-orang akan semakin penasaran dengan produk tersebut. 

Kemampuan-kemampuan tersebut akan sebanding dengan gaji product manager yang bisa kamu peroleh nantinya. Mengingat gajinya cukup besar bila bekerja di ibukota atau kota besar lainnya. 

Pastikan kamu mengelola keuangan dengan benar ya. Salah satunya dengan investasi di perusahaan investasi P2P Lending Amartha. Ada keuntungan bagi hasil hingga 15% flat per tahun yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, kamu juga mendorong pemberdayaan perempuan di pedesaan Indonesia agar lebih maju dan sejahtera lagi.

Kunjungi Amartha di www.amartha.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here