Home Work Smart 10 Pertanyaan Mengesankan Yang Perlu Kamu Tanyakan Saat Interview Pekerjaan!

10 Pertanyaan Mengesankan Yang Perlu Kamu Tanyakan Saat Interview Pekerjaan!

0
851

Saat sedang asyik menelusuri timeline twitter, seorang rekanan saya me-retweet informasi yang sangat penting menurut saya. Postingan tersebut kemudian saya like sebagai jaga-jaga kalau suatu hari nanti butuh atau mungkin lebih tepatnya ingat.

Beruntungnya beberapa hari yang lalu saya mengecek kolom like di twitter saya, niatnya hanya mencari hiburan saja karena cukup bosan selama masa karantina #dirumahaja ini. Postingan tersebut berasal dari pemilik @sillysampi. Isinya mengenai 10 Impressive Questions to Ask in a Job Interview yang ditulis oleh Alison Green.

10 Pertanyaan Mengesankan Selama Interview Pekerjaan

Melansir thecut.com, berikut 10 pertanyaan yang dapat memberikan Anda insight mengenai pekerjaan Anda:

Pertanyaan tentang Posisi

  1. Bagaimana Anda mengukur keberhasilan seorang karyawan di posisi ini?

Inti dari pertanyaan ini adalah tahap awal untuk mengetahui apa saja job desc yang dikerjakan langsung dari user atau seseorang yang ahli dibidangnya. Perusahaan sering mempublikasikan deskripsi pekerjaan menggunakan bahasa yang biasa dipakai dari HRD atau PNC. Maka dari itu, menanyakan hal ini ialah memberi bayangan mengenai apa yang akan kamu kerjakan secara tepat. Kamu juga bisa minta tips dan trik dari user mengenai kiat-kiat di posisi tersebut.

Freshgrad, Ketahui Hal Ini Sebelum Masuk Dunia Kerja

2. Apa saja tantangan yang dihadapi oleh seseorang di posisi ini?

Alison Green menuliskan bahwa dengan mengajukan pertanyaan ini, kamu bisa mendapatkan informasi yang tidak didapatkan dari deskripsi pekerjaan seperti sistem antar departemen yang berantakan, atau bekerja dengan seseorang yang sulit didekati, hingga bekerja dalam anggaran yang terbatas.

3. Bagaimana hari-hari seseorang di posisi ini?

Ada beberapa perusahaan atau atasan yang secara tidak langsung membuat kita harus bekerja lebih dari waktu yang ditentukan. Kadang hal ini cukup menjengkelkan karena waktu dengan keluarga dan me-time tidak berjalan beriringan. Maka dari itu perlu menanyakan bagaimana keseharian pekerjaan di posisi yang kamu lamar.

Cara Mengatur Prioritas Beban Pekerjaan

Jika deskripsi pekerjaan menyatakan pekerjaanmu mengurus administrasi dan menjalankan program, penting untuk mengetahui apakah 90% waktumu dihabiskan untuk mengurus administrasi atau 50:50. Pertanyaan ini juga dapat membantu ritme dan strategi pekerjaan ke depannya.


4. Berapa lama seseorang di posisi ini sebelumnya? Dan bagaimana pergantian perannya?

Bila posisi yang kamu lamar dalam satu tahun banyak mengalami pergantian pegawai, maka kamu perlu menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Bisa dari sistem pekerjaan yang tidak jelas, job desc, culture, atau jenjang karir. 

Pertanyaan tentang Keberhasilan dalam sebuah Jabatan

5. Apa yang Anda harapkan dari seseorang di posisi ini pada 6 bulan atau 1 tahun pertama mereka?

Pertanyaan ini dapat memberikan gambaran mengenai apa yang kamu harapkan mengenai pekerjaan ini dan juga kerjasama tim dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Pertanyaan ini pula bisa membantu kamu dalam mendapatkan informasi mengenai project yang belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Cara Jitu Atur Keuangan Pasca di PHK

6. Memikirkan kembali orang yang pernah bekerja dengan Anda sebelumnya, apa yang membedakan dari orang baik dengan orang hebat?

Inti dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui apa yang sebenarnya dicari oleh seorang user atau perekrut. Dalam sesi interview, perekrut berharap dapat menemukan kandidat yang dapat melakukan pekerjaan juga hebat dalam bidangnya. Dengan mengajukan pertanyaan ini, jadikan sebagai peluang untuk menunjukkan dirimu dan memikirkan strategi yang bisa kamu lakukan.

Pertanyaan tentang Perusahaan

7. Bagaimana budaya di perusahaan ini?

Bagi beberapa orang, bekerja dengan lingkungan dan budaya yang baik di suatu perusahaan adalah keharusan. Pasalnya dengan lingkungan kerja yang mendukung tentunya akan berdampak baik terhadap performa para pegawainya. Dengan menanyakan budaya di suatu perusahaan juga dapat menyiapkan diri agar tidak terlalu terkejut dan beradaptasi.

8. Apa yang Anda sukai dari bekerja di sini?

Orang yang benar-benar menikmati pekerjaan dan perusahaannya pasti akan memiliki banyak cerita yang disampaikan kepada kamu. Tentunya juga terdengar tulus dan membuat kamu ingin merasakan hal yang sama. Namun sebaliknya, bila user menjawab dengan tatapan kosong atau hening sebentar, anggap saja sebagai bendera merah.

Pekerjaan Gak Sesuai Jurusan? Don’t Worry, Pacu Karir Kamu Dengan Cara Ini

9. Ajukan pertanyaan yang ingin ditanyakan

Selain pertanyaan di atas, ajukan juga pertanyaan yang benar-benar ingin kamu tanyakan. Sebelum interview, luangkan waktu untuk memikirkan apa yang benar-benar ingin kamu ketahui. Mungkin seperti bekerja dengan jam kerja yang wajar di mana tidak perlu membahas pekerjaan di akhir pekan atau malam hari, jenjang karir, atau keberlanjutan perusahaan. 

Pertanyaan tentang Langkah Berikutnya

10. Apa jadwal Anda untuk langkah selanjutnya?

Terakhir, adalah pertanyaan dasar yang layak untuk ditanyakan karena memberikan patokan mengenai kapan kamu akan menerima hasil dari interview pekerjaan ini. Baik diterima atau tidak, sebuah perusahaan sepertinya wajib mengabarkan kepada calon pegawai mengenai diterima atau tidaknya mereka sebagai karyawan di perusahan tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here