10 Pekerjaan Wanita Karir yang Paling Banyak Diminati

0
66
Ilustrasi wanita karir. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi wanita karir. sumber: www.pexels.com

Peluang pekerjaan untuk wanita semakin terbuka lebar. Wanita juga bisa berdaya dan bersaing secara kompetitif di dunia kerja. Tidak ada pengotak-ngotakan pekerjaan, mana yang cocok untuk laki-laki atau perempuan. Namun memang ada banyak pekerjaan wanita karir yang cukup diminati dibanding jenis pekerjaan lain

Buktinya, kamu bisa melihat banyak di antara profesi di bawah ini yang pekerjanya adalah seorang wanita. Jadi apa saja jenis pekerjaan yang peminatnya banyak dari kalangan wanita?

10 Pekerjaan Wanita Karir yang Paling Banyak Peminatnya

Berikut ini daftar 10 pekerjaan yang paling diminati wanita:

1. Pengajar

Jiwa keibuan dan kemampuan mengemong yang dimiliki wanita membuat mereka cocok jadi seorang pengajar. Lihat saja mulai dari tingkat pendidikan sekolah dasar sampai perguruan tinggi, jumlah guru yang wanita cenderung lebih banyak. Sampai ke pelatihan non formal pun banyak trainernya yang seorang perempuan. 

2. Apoteker

Banyak dari wanita yang mengambil pendidikan farmasi untuk menjadi apoteker. Mereka tidak hanya bekerja di toko apotek, ada yang bertugas di rumah sakit dan industri farmasi. Menjadi seorang apoteker harus mempunyai ketelitian dan komunikasi yang baik. Kemampuan ini dimiliki oleh para wanita.

3. Perawat

Selain jadi apoteker para wanita juga banyak yang memilih menjadi perawat. Pekerjaan wanita karir yang satu ini juga cocok untuk wanita. Bahkan kaum perempuan mendominasi profesi perawat. Untuk menjadi seorang perawat kamu harus mampu memonitor kondisi pasien dan memberikan pertolongan pertama saat kondisi darurat. 

4. Entrepreneur

Kesempatan berkarir jadi pengusaha juga terbuka luas bagi perempuan. Menekuni dunia bisnis bisa jadi pekerjaan wanita lulusan SMA. Sebab tidak ada standar minimal pendidikan untuk menjadi entrepreneur, siapa pun bisa menjalani. Selama kamu bisa tekun dan tidak mudah menyerah setiap kali menemui kegagalan. 

5. Pekerja Kreatif 

Wanita juga bisa berkiprah di dunia kreatif. Menjadi penulis, copywriter, content creator, graphic designer, photographer, videographer. Serta masih banyak lagi posisi lainnya yang bisa diisi oleh pekerja wanita. 

6. Ahli IT

Semakin banyak wanita yang masuk ke dunia Teknologi dan Informasi (IT). Banyak di antara mereka yang berprofesi sebagai software developer, data scientist, dan posisi strategis lainnya. Selain itu profesi ahli IT di sektor ini, termasuk pekerjaan wanita dengan gaji tinggi loh. 

Baca Juga: Bersiap! Ini Pekerjaan yang Paling Dicari 10 Tahun Kedepan

7. HR

Pekerjaan wanita karir selanjutnya yang banyak diminati adalah posisi Human Resources (HR). Kamu bisa bekerja menjadi staff HR di berbagai perusahaan dan industri. Lowongan untuk profesi ini terbuka lebar. Jika ingin menjadi HR professional kamu bisa mengambil jurusan kuliah psikologi.

8. Psikolog

Kamu juga pasti sering melihat atau bertemu dengan psikolog wanita dibanding laki-laki. Profesi ini juga banyak didominasi oleh kaum hawa. Karakter wanita yang bisa menjadi pengamat, berempati dan berkomunikasi, membuat psikolog jadi pekerjaan yang cocok untuk wanita. 

9. Fashion Designer

Kalau kamu senang memadupadankan pakaian dan membuat desain baju sendiri, pekerjaan fashion designer bisa jadi cocok untuk kamu. Profesi yang satu ini juga banyak ditekuni oleh para wanita. 

10. Desainer Interior 

Pekerjaan desainer interior cukup diminati para wanita. Untuk menjadi desainer interior seseorang harus mempunyai kemampuan mengorganisir, memperhatikan detail, dan kreativitas. Terdengar sangat cocok untuk kaum perempuan, bukan? 

Pekerjaan wanita karir bisa macam-macam dan tersebar di semua sektor industri. Kesempatan untuk menjadi wanita karir semakin terbuka lebar. Wanita bebas memilih ingin berkarya dan berkiprah di bidang manapun. Sehingga bisa berdaya dan mempunyai penghasilan sendiri. 

Sama dengan semangat perempuan tangguh di Amartha, kamu bisa mendukung UMKM di pelosok Indonesia dengan menjadi lender di microfinance marketplace Amartha. Di sini, kamu akan memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun, modalin mulai dari Rp100.000 aja!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here