10 Makanan Untuk Mencegah Diabetes, Yuk Jaga Gula Darah!

0
17399
Ilustrasi makanan untuk mencegah diabetes. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi makanan untuk mencegah diabetes. sumber: www.istockphoto.com

Mengatur pola makan dan menjaga kadar gula dalam darah tetap normal merupakaan cara agar tercegah dari diabetes. Ada beberapa jenis makanan untuk mencegah diabetes, yang sebaiknya mulai kamu konsumsi dari sekarang. Supaya risiko terkena diabetes semakin turun. 

Berdasarkan data dari International Diabetes Federation tahun 2021, Indonesia menjadi negara kelima dengan penderita diabetes terbanyak. Penyebabnya adalah aturan pola hidup yang tidak sehat dan faktor keturunan. Jika kamu memiliki orang tua dengan riwayat penyakit diabetes, maka risiko kamu terkena diabetes jadi lebih tinggi. 

10 Makanan untuk Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes bisa dicegah dengan menerapkan pola gaya hidup sehat. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Serta berolahraga secara rutin. Mengatur pola makan bukan berarti kamu makannya terbatas. Kamu masih bisa menikmati makanan yang enak dan tetap menyehatkan. Patokannya adalah carilah makanan dengan kadar gula yang rendah. Berikut ini daftar 10 makanan untuk mencegah diabetes: 

Oatmeal

Untuk menurunkan risiko terkena diabetes kamu harus mulai mengurangi asupan karbohidrat seperti nasi dan makanan berbahan tepung. Sebagai gantinya kamu bisa mengkonsumsi oatmeal untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Indeks glikemik pada oatmeal termasuk rendah. Maksud indeks glikemik sendiri adalah indikator untuk melihat seberapa cepat suatu makanan mempengaruhi kenaikan gula darah pada tubuh.

Kacang-Kacangan 

Kacang-kacangan kaya dengan serat, kalium, magnesium, kalsium, dan juga vitamin B. Selain itu kacang-kacangan mempunyai indeks glikemik (IG) yang sangat rendah. Sehingga termasuk pilihan makanan untuk mencegah diabetes yang sangat tepat. Kamu bisa mencampurnya dalam makanan atau dikonsumsi sebagai camilan sehat. 

Biji Chia

Chia seed sekilas mirip dengan selasih, tetapi keduanya merupakan makanan yang berbeda. Chia seed bisa dikonsumsi sebagai campuran sereal, salad, pudding, dan yogurt. Namun bisa juga dikonsumsi langsung. Biji chia bagus untuk mencegah diabetes karena kandungan kalorinya rendah tetapi tinggi akan serat.

Brokoli

Brokoli termasuk sayuran bergizi yang rendah kalori dan kaya akan vitamin C. Brokoli terbukti ampuh menurunkan kadar gula karena memiliki senyawa sulforaphane.  Yaitu kandungan yang mempunyai efek antidiabetes, sehingga bisa membantu menambah sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah. Manfaat brokoli akan lebih banyak kamu dapatkan jika dimasak sebentar. Misalnya dengan direbus atau dikukus 

Labu Kuning

Kamu bisa membuat menu sehat dari labu kuning. Misalnya dimasak jadi sayur, sup labu, atau kue. Dimakan langsung setelah dikukus juga tetap enak. Labu kuning kaya akan serat, antioksidan, dan polisakarida. Yaitu jenis karbohidrat yang bisa mengatur gula darah.  

Alpukat

Alpukat merupakan buah untuk mencegah diabetes. Karena alpukat kaya akan vitamin, mineral, lemak, dan serat, yang bisa mengontrol kadar gula darah. Di Indonesia cara menikmati alpukat biasanya dengan dibuat jadi jus atau jenis minuman lain. Kamu juga bisa coba campurkan alpukat pada makanan, misalnya dinikmati dengan telur dan roti. 

Baca Juga: Berikut Jenis Olahraga untuk Diabetes yang Paling Aman

Apel

Apel juga termasuk jenis buah yang bagus untuk mencegah diabetes. Sebuah penelitian menemukan bahwa ternyata dengan memakan apel 30 menit sebelum menyantap nasi, bisa bantu mengurangi gula darah. Selain itu Apel juga memiliki kandungan asam klorogenat dan juga asam galat yang bisa melindungimu dari diabetes.

Telur

Makanan untuk mencegah diabetes yang selanjutnya adalah telur. Telur merupakan sumber protein hewani yang bernutrisi dan kaya akan kandungan gizi. Telur disebut sebagai salah satu makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. 

Ikan 

Ikan merupakan makanan sehat yang ternyata baik untuk penderita diabetes. Ikan mengandung lemak baik yang bisa mengontrol gula darah dan menekan kadar lemak darah pada tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi ikan salmon, tuna, dan ikan kembung yang kaya kan lemak omega-3. 

Yogurt

Menjaga dari risiko diabetes bukan berarti kamu tidak bisa menikmati makanan yang manis. Kamu masih bisa mengkonsumsi yogurt, karena olahan susu fermentasi yang satu ini memiliki kandungan probiotik yang bagus untuk pencernaan. Serta bisa meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.

Itulah dia jenis makanan untuk mencegah diabetes yang sebaiknya kamu konsumsi sejak sekarang agar tubuhmu tetap sehat.  Selain menjaga kesehatan tubuh kamu juga perlu menjaga kesehatan finansialmu. Dengan berinvestasi di microfinance marketplace, Amartha. Kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun dengan mendanai mulai dari Rp100.000 saja! Yuk siapkan dana darurat untuk masa depan dengan mendanai di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here